kominfo@pamekasankab.go.id

Jl Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Madura, Indonesia

+62 324 322 868

Detail Berita

Google Luncurkan Portal Pemilu Indonesia

Para pemilih di Indonesia kini bisa mengikuti berbagai berita dan tren terbaru seputar Pemilu di Google.co.id/pemilu, situs yang akan membantu 190 juta pemilih Indonesia, termasuk 67 juta pemilih pemula, untuk mendapatkan berita dan informasi terbaru dan membuat keputusan yang tepat pada Pemilu mendatang.

Portal informasi Pemilu ini merupakan inisiatif pertama Google untuk mengumpulkan berbagai informasi yang tersedia secara online dengan tujuan agar para pemilih mendapatkan informasi mengenai kandidat dan proses pemilu secara lengkap.

Google melakukan hal ini karena didorong oleh keinginan untuk meningkatkan keterlibatan pemilih Indonesia dalam pesta demokrasi. Bantuan teknologi memudahkan para pemilih mendapatkan berita dan informasi yang dibutuhkan.

"Peluncuran portal informasi Pemilu ini sejalan dengan misi Google untuk memberikan kemudahan mengakses informasi dan menjadikannya berguna secara universal. Kami berharap dengan peluncuran portal ini pemilih Indonesia akan memperoleh lebih banyak kemudahan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan agar mereka bisa membuat pilihan yang tepat pada hari Pemilu," ujar Country Head Google Indonesia, Rudy Ramawy, dalam siaran pers, Rabu (26/3)

Ditambahkan Rudy, hal tersebut merupakan bagian dari komitmen Google untuk mendigitalkan Indonesia dan menghubungkan pengguna Google dengan informasi penting yang bisa membuat hidup mereka lebih mudah.

Portal informasi Pemilu ini menyediakan berbagai berita terkait Pemilu dengan menggunakan platform milik Google seperti halaman Google News yang didedikasikan untuk memuat berita Pemilu dari berbagai sumber berita di Indonesia; Google Trends untuk mengukur popularitas pencarian atas partai kandidat secara real-time; dan kanal YouTube yang akan menyiarkan berbagai pemberitaan dari kanal-kanal YouTube milik berbagai stasiun TV utama di Indonesia.

Portal ini juga akan menyediakan tautan ke peta caleg interaktif yang dibuat oleh Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), organisasi nirlaba dengan fokus pada Pemilu Indonesia.