kominfo@pamekasankab.go.id

Jl Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Madura, Indonesia

+62 324 322 868

Detail Berita

MENUJU UNIVERSAL HEALTH COVERAGE (UHC ) 2018 KAB. PAMEKASAN

Pamekasan, - Sebagai bentuk persiapan menuju Universal Health Coverage (UHC), BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan melaksanakan kegiatan Forum Komunikasi dengan sejumlah pemangku kepentingan utama Kabupaten Pamekasan, Selasa (03/07).
Turut hadir pada pertemuan tersebut yaitu PJ Bupati Pamekasan, Sekretaris Daerah Kabupaten Pamekasan, Kepala Dinas Sosial, Perwakilan dari Badan Keuangan Daerah, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala DPM PTSP, Kepala Dispendukcapil, Kepala Disnakertrans, Sekretaris Dinas PMD, Perwakilan dari Bappeda, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan serta Kepala Bidang Perluasan dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan.
Pada kegiatan tersebut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan, Mohamad Ismail Marzuki memaparkan progress pelaksanaan program JKN-KIS di Kabupaten Pamekasan, diantaranya cakupan kepesertaan JKN-KIS Kabupaten Pamekasan. Dalam pemaparannya disampaikan capaian kepesertaan JKN-KIS dari jumlah penduduk Kabupaten Pamekasan sejumlah 885.890 jiwa, penduduk yang sudah terdaftar adalah 644.654 jiwa dimana diantaranya 44.234 jiwa merupakan penduduk yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Pamekasan. Sesuai dengan surat Menteri dalam Negeri Nomor 440/3890/SJ tentang Dukungan Pemerintah Daerah pada Program Jaminan Kesehatan Nasional, Pemerintah Daerah harus mengalokasikan anggaran kesehatan minimal 10% dari APBD. Untuk mencapai Cakupan Semesta di Kabupaten Pamekasan, jika tidak memungkinkan untuk dibiayai seluruhnya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan, maka Implementasi PP 86 tahun 2013 tentang Tata Cara Pengenaan Sanksi Administrasi Kepada Pemberi Kerja Selain Penyelenggara Negara Dan Setiap Orang, Selain Pemberi Kerja, Pekerja, Dan Penerima Bantuan Iuran Dalam Penyelenggaraan Jaminan Sosial serta Instruksi Presiden nomor 8 tahun 2017 tentang Optimalisasi Program JKN haruslah jalan untuk mewujudkan Universal Health Coverage / Cakupan Semesta di Kabupaten Pamekasan dengan cara penambahan dari segmen peserta lainnya.
“ Untuk Kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Pamekasan masih ada sekitar 26,98 % masyarakat yang belum terdaftar, jumlah peserta tersebut terdiri dari segmen PBPU (Pekerja Mandiri)dan PPU Swasta (Pegawai Swasta), kami mengharapkan dukungan Pemerintah Daerah terkait perluasan cakupan kepesertaan sehingga sebelum tahun 2019 Kabupaten Pamekasan semua penduduknya dapat terdaftar sebagai Peserta Program Jaminan Kesehatan," kata Ismail. hardik