diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

FORUM SOSIALISASI: “Belanja dan Jualan Online: Murah, Cepat dan Aman”

Rabu, 27 Februari 2019  3.781  

Rabu, 27Februari 2019

PendopoRonggosukowatiPamekasanJawaTimur

 Teknologi Informatika dan Komunikasi di Era digital berkembang semakin pesat dan merambah hampir semua sektor kehidupan masyarakat. Berbagai hal kinidapatdiakses menggunakanteleponselulerhanyadengansentuhansatujari saja. Semakin hari semakin banyak orang terhubung melalui internet. Gaya hidup, pola komunikasi dalam keluarga dan masyarakat, transportasi, perdagangan,  sistem pembayaran dan perbankan, turut mengalami revolusi teknologi.

 

Perkembanganpenggunaan internet yang semakinluassekaranginisudahsemestinyadapatdipakaiuntukmeningkatkanekonomi masyarakat. Internet memberikankemudahan yang luarbiasabagisiapasajauntukmencaridanmendapatkanberbagaiinformasi yang merekabutuhkandengancepatdanhemattermasukmemasarkanproduk-produk UMKM.

 

Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 62,58 persen dan penyerapan tenaga kerja 96,99 persen, dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit. Dari jumlah tersebut sekitar 6,4 juta pelaku UMKM telah  memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya.Karenanya inovasi pemasaran dan distribusi UMKM, juga harus dikembangkan seiring dengan kemajuan teknologi digital.

 

Selain itu, perkembangan Perbankan dan Koperasi yang mampu memberikan kemudahan akses fasilitas transaksi  serta permodalan secara teknologi digital, dapat membantu meningkatkan ketersediaan produk, pemasaran dan distribusinya.

 

Disamping adanya dukungan pemerintah kepada UMKM diantaranya adalah melalui kebijakan, pelatihan pengembangan kapasitas SDM di bidang TIK, serta memfasilitasi pemasaran dan promosi berbasis digital agar dapat bersaing dan menjangkau seluruh daerah dan masyarakat luas.

Berkenaandenganitu, DirektoratInformasidanKomunikasiPerekonomiandanMaritim, DitjenInformasidanKomunikasiPublik, Kemkominfo RI bekerjasamadenganPemerintahKabupatenPamekasan, danKomunitasKebaya Kopi danBukuakanmenyelenggarakan“Forum Sosialisasi Belanja dan Jualan Onilne: Murah, Cepat dan Aman”.  Adapun tujuannya adalah Membantu Pengusaha UMKM dan Koperasi, serta masyarakat umum sampai di tingkat daerah terkecil (RT/RW/Kelurahan),  agar mampu memanfaatkan Teknologi Informatika dan Komunikasi untuk mengoptimalkan komunikasi, penyediaan produk, pemasaran daring, distribusi, serta pengelolaan keuangan yang dapat diakses secara  mudah oleh masyarakat global sehingga dapat memenuhi kebutuhan pokok serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selainitu juga yang tidak kalah pentingadalahuntukmeningkatkansinergitasantarkomponenbangsadalammeningkatkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat di era digital.

  

FORUM SOSIALISASI ini berlangsungpadahariRabu, 27 Februari 2019 , di PendopoRonggosukowatiPamekasanJawaTimur.  Acara akandibukadengankeynote speechdari Bupati Pamekasan BpkBadrut Tamam dan dibuka oleh Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Ibu Septriana Tangkary,yangdilanjutkandenganpaparan, sesi diskusidanonboarding (workshop jualan online)hinggapukul 13.30 WIB,sertamenghadirkanNarasumber:

  1. ManajemenPermodalan (KepalaCabang BRI Pamekasan, BpkSusilo)
  2. Teknik Story Telling  untuk UMKM (KKB, Ibu Tati Apriliana)
  3. Pelaksanaanstrategi E Commerce bagi UMKM  (Blibli, BpkAngger).

 

FORUM SOSIALISASI iniakandihadirioleh300 orang pesertaterdiridaripelakuUMKM, pelaku industri, pedagang, Lembaga Sosial  Ekonomi Masyarakat, serta Masyarakat Umum. 

 

 

Pamekasan, 27 Februari 2019

 

KementerianKomunikasidanInformatika RI