diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

BUPATI PAMEKASAN DUKUNG ALIH STATUS IAIN MADURA JADI UIN MADURA, DOAKAN SEGERA TERWUJUD

Rabu, 19 Januari 2022  639  

Pemkab Pamekasan- Bupati Pamekasan, Jawa Timur, Baddrut Tamam menghadiri kuliah umum Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura di Auditorium Utama Jalan Panglegur, Selasa (18/1/2022).

Kuliah umum dengan tema "Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam Bidang Pembangunan Agama dan Keagamaan" tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa, serta Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dalam sambutannya mengapresiasi kerja keras civitas akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura yang sedang berikhtiar untuk merubah status menjadi univerisitas islam negeri (UIN) Madura. Ikhtiar tersebut diharapkan segera tercapai sesuai dengan target yang dicanangkan.

"Pak rektor ini sedang berikhtiar untuk menjadikan kampus ini menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Madura. Sebagian syaratnya tanah ini harus 10 hektar, kita sedang berikhtiar mudah-mudahan segera 10 hektar," katanya.

Bupati dengan sederet prestasi ini menyampaikan, perubahan status menjadi UIN Madura tersebut dipastikan bisa menfasilitasi anak-anak di pulau garam dalam memilih jurusan yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan zaman.

"Kalau sudah menjadi UIN, bisa ada tambah fakultas lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat Madura, bukan berarti yang ada ini tidak dibutuhkan. Tetapi semakin banyak fakultas, semakin banyak mahasiswanya," tambah dia.

Dikatakan, pihaknya akan terus mendorong menjadikan generasi hebat masa depan dengan beberapa program di bidang pendidikan. Seperti beasiswa kedokteran bekerja sama dengan Universitas Airlangga Surabaya, fasilitasi anak-anak muda untuk menjadi anggota polri kerja sama dengan Mapolda Jawa Timur, beasiswa santri, dan program lainnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri agar anak muda Pamekasan bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan.

"Kita minggu ini akan MoU dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri menjaring anak-anak kita yang IQ (intelligence quotient) 100 ke atas. Kita dorong agar bisa mendapatkan beasiswa dari luar negeri," pungkasnya.