diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Gratis dengan Hanya Bawa KTP Ketika Berobat, Kades di Pamekasan Apresiasi Bupati

Kamis, 29 Desember 2022  717  

Pemkab Pamekasan- Para kepala desa (kades) mengapresiasi program universal health coverge (UHC) yang diluncurkan Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam, senin (26/12/2022) lalu.

UHC merupakan program berobat gratis di seluruh fasilitas kesehatan yang bermitra dengan BPJS. Seluruh masyarakat hanya cukup menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) sebaagai warga Pamekasan ketika berobat, mereka tidak akan dipungut biaya sepeserpun.

"Saya sangat mengapresiasi terobosan dari Bapak Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam yang telah memberikan program layanan gratis bagi warga Pamekasan, utamanya warga yang tidak tercover dalam BPJS," ujar Kepala Desa Bungbaruh, Kecamatan Kadur, Ahmad Fauzi, rabu (28/12/2022).

Sekretaris Persatuan Kepala Desa (Perkasa) Pamekasan tersebut menambahkan, UHC merupakan terobosan luar biasa dari Pemkab Pamekasan, karena manfaatnya akan dirasakan langsung oleh masyarakat. Apalagi, pihaknya sejauh ini kebingungan untuk menfasilitasi masyarakat yang tidak terdaftar dalam BPJS.

"Saya doakan semoga bapak bupati diberikan kesehatan dan dapat memberikan layanan terbaik untuk masyarakat. Saya bersyukur, sekarang sudah cukup dengan membawa KTP warga sudah dapat mendapat layanan kesehatan gratis," tandasnya.

Apresiasi tersebut juga disampaikan oleh Kepala Desa Waru Barat, Kecamatan Waru, Moh. Ramli. Menurutnya, program UHC ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, selain itu dapat mempermudah kerja pemerintah desa dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warganya. Sebab, selama ini warga memanfaatkan surat keterangan tidak mampu ketika berobat di fasilitas kesehatan.

"UHC ini sangat bagus, karena mulai kemarin persoalan kesehatan ini yang menjadi kendala masyarakat adalah tidak adanya biaya untuk berobat. Sehingga, kalau UHC ini bisa mengcover seluruh masyarakat Pamekasan paling tidak menjadi beban lagi di pemerintahaan desa, karena dikit-dikit keterangan tidak mampu," ungkapnya.

Dikatakan, program ini menjadi solusi terbaik pemerintah kabupaten dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, karena masyarakat tidak perlu takut untuk berobat lantaran tidak memiliki biaya.

"Prinsipnya, kami sampaikan terima kasih banyak kepada bapak bupati, kami apresiasi luar biasa atas solusi kesehatan di Pamekasan. Paling tidak tugas kesehatan ini sudah selesai, semoga bapak bupati sehat selalu," pungkasnya.