diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

PEMKAB PAMEKASAN SALURKAN BANTUAN BERAS BAGI 1.828 PKL

Selasa, 10 Agustus 2021  1.010  

Pemkab Pamekasan- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur memberikan bantuan beras seberat 5 kilo gram bagi 1.828 pedagang kaki lima (PKL) di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akibat pandemi covid-19.

Bantuan yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2021 tersebut disalurkan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro bekerja sama dengan Dinas Sosial.

"Bantuan itu kita sudah salurkan mulai 2 agustus kemarin sampai 24 Agustus nanti, kemungkinan saat ini yang terealisasi sudah 30 persen, dan jumlah PKL kemungkinan terus berkembang," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pamekasan, Abdul Fatah, Jumat 6 Agustus 2021.

Pihaknya memastikan bantuan beras tersebut tidak akan terjadi double penerima, mengingat pendataan penerima berdasarkan nomor induk kependudukan (NIK) yang otomatis tertolak apabila ada PKL menerima lebih dari satu bantuan.

"Misalnya NIK itu tercatat bahwa PKL itu berjualan di Diponegoro, kemudian dia mengusulkan di jalan yang lain pasti akan ketahuan. Sehingga saya berkeyakinan tidak akan terjadi double data," tegasnya.

Dia meminta para PKL untuk bersabar di tengah pandemi covid-19, sebab adanya wabah ini merupakan kehendak Allah SWT. Apalagi covid-19 tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan di seluruh dunia.

"Selain bersabar, kita juga harus punya kreasi untuk melakukan aktifitas. Karena selama ini aktifitas mereka dibatasi, apalagi adanya PPKM ini sungguh sangat ada pengetatan dalam aktifitas PKL," tandasnya.

Menurutnya, kreasi itu bisa dilakukan dengan memasarkan dagangannya melalui online memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini, atau tetap berjualan dengan menggelar lapak dagangannya seperti biasa, namun tidak menyediakan tempat duduk bagi para pengunjungnya.

"Silahkan lakukan pemasaran secara online, atau seperti biaya tetapi tidak menyediakan tempat duduk," pungkasnya.