diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

USAI DILATIH SERVIS AC, MUDA MUDI PAMEKASAN INI BISA BUKA USAHA SENDIRI, BERKAH IKUT PELATIHAN WUB

Selasa, 31 Agustus 2021  565  

PEMKAB PAMEKASAN - Program menciptakan 10 ribu Wirausaha Baru (WUB) yang digagas Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam nampak membuahkan hasil.

Ini terbukti setelah 20 muda-mudi warga setempat bisa membuka usaha baru servis Air Conditioner (AC) usai mengikuti pelatihan WUB di bidang servis AC.

Terhitung selama 20 hari, 19 pria dan 1 perempuan ini dengan tekun mengikuti pelatihan servis AC tersebut yang dibimbing langsung oleh fasilitator andal.

Hingga akhirnya, mereka bisa memperbaiki AC yang rusak dan tidak berfungsi normal.

Fasilitator Pelatihan Servis AC WUB Pamekasan, Faqih Zamani mengatakan, sebanyak 20 peserta yang ikut dalam pelatihan servis AC ini telah selesai mengikuti bimbingan selama 20 hari.

Kata dia, pelatihan servis AC dalam program WUB ini masih tergolong paket pelatihan baru.

 

Usai fasih servis AC, puluhan peserta itu bersepakat membuka usaha secara berkelompok dan diberi nama CV. WUB (Wahana Usaha Bersama).

Dibuatnya CV. WUB ini, agar para peserta yang telah selesai mengikuti pelatihan AC, bisa mempraktikkan ilmunya langsung ke masyarakat yang membutuhkan jasa mereka.

"Pelatihannya sudah selesai sepekan lalu," kata Faqih Zamani, Selasa (31/8/2021).

Pria yang akrab disapa Faqih ini mempersilakan para peserta jebolan pelatihan servis AC untuk membuka usaha sendiri secara kolektif.

Sebab, para alumni peserta pelatihan servis AC tersebut sudah mendapatkan sertifikat resmi pelatihan dari Disnakertrnas Pamekasan.

Nantinya, bagi alumni peserta pelatiham WUB servis AC tersebut bila ingin membuka usaha servis AC secara kolektif, izin usahanya akan dibuatkan dan akan dipermudah oleh Pemkab Pamekasan.

"Kalau mau buka usaha sendiri silakan, karena memang program WUB dari Pemkab Pamekasan ini akan mempermudah membuat izin usaha, baik itu OSS dan diberikan sertifikat pelatihan," jelasnya.

Menurut Faqih, sertifikat pelatihan yang diberikan oleh Disnakertrans Pamekasan ini, bisa dijadikan sebagai syarat untuk meminjam modal usaha ke Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jatim dengan bunga hanya satu persen.

Sedangkan 5 persennya akan ditanggung oleh Pemkab Pamekasan.

Bagi masyarakat Pamekasan yang hendak servis AC ke alumni peserta WUB ini, lokasnya di Jalan Teja, dan bisa menghubungi nomor admin: 085936590620.

Biaya perbaikan servis AC di CV. WUB ini relatif lebih murah dibandingkan servic AC pada umumnya.

"Kami sudah uji skil mereka baik secara psikis dan mental. Mereka ini sudah jago dalam hal servis AC. Kemarin sempat memperbaiki di rumah pak Bupati, pak Fata dan di ruang Pendopo sebelah barat," tutupnya.

#Ket foto: Suasana pisah kenang para peserta pelatihan WUB servis AC dengan Disnakertrans Pamekasan, Madura, Selasa (31/8/2021).