diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

SEBELUM SAMPAIKAN PIDATO HARJAD KE 491, BUPATI KIRIM FATIHAH UNTUK RONGGOSUKOWATI

Jumat, 05 November 2021  617  

Pemkab Pamekasan- Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam menghadiri rapat paripurna istimewa Hari Jadi Pamekasan ke 491 di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Rabu (3/11/2021).

Rapat paripurna istimewa dengan agenda mendengarkan pidato Bupati Pamekasan tersebut suasananya berbeda dengan rapat biasanya. Sebab, pembawa acara, pimpinan rapat hingga pidato bupati menggunakan bahasa Madura.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam sempat mengirim fatihah sebelum menyampaikan pidatonya untuk para pendiri Kabupaten Pamekasan agar arwahnya diterima di sisi Allah Swt, terutama terhadap Raja Ronggosukowati yang memiliki religiusitas tinggi.

"Mari kita bersama sama mengirim fatihah kepada para pendahulu kita, terutama kepada Raja Ronggosukowati," pinta bupati kepada peserta rapat.

Dia menyampaikan, Kabupaten Pamekasan yang telah berusia 491 telah menunjukkan usia yang cukup dewasa. Kedewasaan usia ini bisa membuat warganya aman, makmur, serta sejahtera lantaran ekonominya yang bagus.

"Semoga pertumbuhan di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, reformasi birokrasi dan infrastruktur sesuai dengan harapan Raja Ronggosukowati," katanya saat menyampaikan pidatonya yang berbahasa Madura tersebut.

Peringaan hari jadi Kabupaten Pamekasan melalui telaah cukup panjang yang dilakukan oleh para ahli, budayawan, dan sejarawan. Akhirnya menetapkan tanggal 3 November sebagai hari jadi Pamekasan.

"Makanya, setiap tanggal 3 november Pemkab Pamekasan merayakan hari jadi Pamekasan yang tahun ini bersamaan dengan pembukaan MTQ XXIX (musabaqoh tilawatil qur an) Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Pamekasan," tandasnya.

Dia berharap masyarakat dapat meningkatkan rasa syukur atas nikmat Allah Swt, dan pemerintahan di Kabupaten Pamekasan mampu melaksanakan tugas dengan baik. Sehingga cita-cita Pamekasan Rajja, Bajra tor Parjuge tercapai sesuai harapan.

"Harapannya kepoloporan Ronggosukowati telah menjadi harapan kita bersama juga dalam melaksanakan tata pemerintahan yang lebih baik," pungkasnya.