diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

FASILATOR AKUI WAMIRA MART BERMANFAAT UNTUK PEMASARAN PRODUK WUB DAN UMKM

Senin, 15 November 2021  861  

Pemkab Pamekasan- Adanya warung milik rakyat (Wamira) Mart yang didirikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur untuk sarana pemasaran produk wirausaha baru (WUB) dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) memiliki manfaat tinggi terhadap keberlangsungan produk lokal.

Koordinator Fasilitator WUB Pamekasan, Taufiqurrahman berharap, komunikasi antara pengelola Wamira Mart dengan fasilitator WUB tidak terputus agar stok produk lokal tetap tersedia. Karena, fasilitator yang mengetahui pasti kondisi produk di tingkat produsen.

"Karena WUB binaan masih nyambung dengan kita, artinya jika komunikasi pengelola Wamira Mart dengan WUB terputus, khawatir tidak maksimal," ungkapnya, Senin (15/11/2021).

Taufiq mengakui, adanya Wamira Mart sangat bermanfaat untuk pemasaran produk lokal, baik produk WUB atau UMKM secara umum. Dengan demikian, kesejahteraan pelaku usaha terus meningkat sesuai dengan cita-cita Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

"Dari teman-teman WUB yang kita bina berharap besar semuanya bisa masuk ke produk wamira. Tentunya, mereka berharap melalui kita (fasilitator,red)," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, pendirian Wamira Mart tersebut merupakan fasilitasi dari Pemkab Pamekasan untuk pemasaran offline produk WUB yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan secara gratis. Selain pelatihan gratis, pemkab juga memberikan bantuan alat melalui dana corporate social responsibility (CSR), serta memberikan modal dengan bunga nol persen selama setahun.

Tahun 2021, ada sembilan WUB yang telah berhasil didirikan Pemkab Pamekasan. Yaitu, Wamira Mart di Jalan Jokotole atau sebelah barat Kantor Dinas Koperasi dan UKM, Wamira Mart di Kecamatan Waru tepatnya di simpang tiga sebelum Pasar Waru, Kecamatan Pakong tepatnya di depan SPBU Pakong, dan Wamira Mart di Kecamatan Palengaan atau di sebelah barat Ponpes Kebun Baru.

Kemudian Wamira Mart di Kecamatan Proppo sebelah barat pasar pangurayan, di Kecamatan Larangan, di Kecamatan Tlanakan tepatnya di KUD Sumber Wangi, di Stadion Ratu Pamelingan, dan Wamira Mart tersebar. Wamira Mart tersebar merupakan Gerobak Wamira yang akan mengunjungi setiap ada kegiatan masyarakat.

"Pemkab dalam hal ini bupati memberikan fasilitas pemasaran khawatir WUB yang sudah kita latih kesulitan di pemasaran. Sehingga difasilitasi oleh bupati berupa Wamira Mart," jelasnya.