diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

MAS TAMAM PAPARKAN RAHASIA JADI GENERASI HEBAT DI HADAPAN SISWA

Kamis, 27 Januari 2022  439  

Pemkab Pamekasan- Bupati Pamekasan, Jawa Timur, Baddrut Tamam menghadiri acara penutupan dan penyerahan tropy pada ajang kompetisi siswa berprestasi (Aksi) SMP dan MTs se Madura di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan, Rabu (26/1/2022).

Orang nomor satu di kota batik itu didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Totok Hartono, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan, Akhmad Zaini.

Pantauan di lokasi, bupati yang akrab disapa Mas Tamam tersebut disambut hangat para dewan guru dan siswa di sekolah tersebut. Mereka tampak berebutan ingin mengabadikan momen itu bersama sang bupati dengan cara foto bersama dan selfie.

Pada kesempatan tersebut, bupati juga diberikan kesempatan untuk menyerahkan hadiah bagi siswa berprestasi hasil kompetisi yang telah dilaksanakan oleh MAN 1 Pamekasan itu.

Bupati Pamekasan, Baddrut Taman menyampaikan, siswa yang akan menjadi generasi penerus perjuangan bangsa ini harus mempunyai cita-cita yang tinggi. Cita-cita itu bisa didapat dengan cara belajar sungguh-sungguh tanpa menghilangkan local wisdom atau kearifan lokal yang ada.

"Kita harus bisa menyiapkan generasi yang hebat di masa yang akan datang dengan tidak menghilangkan nilai-nilai kebudayaan, nilai-nilai lokal yang kita miliki," katanya.

Dia menambahkan, industri 4.0 menuntut para siswa untuk meningkatkan ilmu pengetahuannya di berbagai bidang, termasuk di bidang teknologi. Sekian banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan sosial tanpa terpikirkan sebelumnya.

"Misalnya, kita sebelumnya tidak pernah berpikir pesan makanan bisa dengan menggunakan handphone, kita juga tidak pernah berpikir bisa memesan barang dengan handphone dan lain-lain. Dunia sudah berubah," tandasnya.

Menurutnya, siswa sebagai penerus perjuangan bangsa ini harus sadar akan perubahan tersebut. Mereka yang tidak sadar dan berleha-leha tanpa meningkatkan skill pengetahuannya akan tergilas oleh perkembangan zaman.

Tokoh muda yang masuk dalam bursa pemimpin Jawa Timur ini juga memaparkan empat kunci untuk menjadi generasi hebat masa depan. Pertama mempunyai ilmu pengetahuan, kedua attitude yang baik, ketiga berinovasi, dan keempat mempunyai kecepatan.

"Empat kategori generasi hebat ini harus ada di kita semua. Kenapa kita harus memiliki empat karakter ini, karena yang pertama, kalau tidak ada ilmu tidak mungkin kita bisa melihat kehidupan di dunia, jika kita tidak punya iman dan akhlakul karimah maka kita tidak punya teman banyak dan mampu membangun tim," jelasnya.

Selain itu, generasi yang tidak cepat dan tidak bisa berinovasi di dunia yang penuh dengan persaingan ini secara otomatis akan ditinggalkan oleh kehidupan sosial. Sehingga empat kunci ini harus menjadi pegangan para siswa guna menata masa depan yang lebih cerah.

"Nanti kita akan bertemu dengan kehidupan yang berbeda, saya berpikir dua atau tiga tahun lagi akan ada perubahan lagi yang tidak kita pikirkan. Siapa yang bisa membuat kecerdasan buatan, itu akan jadi pemenang," pungkasnya.