diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

BUPATI PAMEKASAN SAMPAIKAN EMPAT HAL TENTANG MUSIBAH BANJIR

Jumat, 04 Maret 2022  688  

Pemkab Pamekasan- Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam menyampaikan empat hal kepada masyarakat tentang musibah banjir yang melanda daerahnya.

Menurut bupati, bencana alam berupa banjir yang menimpa Pamekasan tidak perlu saling menyalahkan antar satu dengan yang lainnya. Karena tidak ada yang salah dalam musibah tersebut, semuanya dalam posisi benar.

"Ingin rasanya saya menyampaikan empat hal dalam musibah ini, pertama tidak membuang sampah sembarangan, kedua pemerintah harus segera melakukan pengerukan sungai, ketiga jangan tebang pohon sembarangan, dan keempat ayo kita jaga lingkungan kita masing-masing," ungkapnya, kamis (3/3/2022).

Bupati yang akrab disapa Mas Tamam tersebut menambahkan, pemerintah kabupaten bersama pemerintah provinsi dalam waktu dekat akan melakukan pengerukan sungai sebagai langkah penanggulangan bencana banjir di wilayah Kabupaten Pamekasan.

"Kalau kita menyalahkan pak lurah, pak lurah menyalahkan kita karena kita buang sampah sembaranga. Agar tidak saling menyalahkan, semuanya benar. Ayo berubah prilaku kita, dan pemerintah akan memperbaiki aliran sungai," ujar dia.

Bupati yang akrab disapa Mas Tamam tersebut menambahkan, musibah banjir bagi orang yang bersyukur akan membangun kepedulian antar sesama. Terbukti, saat musibah banjir terjadi kepedulian antar kerabat dan tetangga sangat tinggi.

"Ada nggak yang kemarin berpikir mau culas ke tetangga, tidak ada. Kita kemarin bergandengan tangan antara satu dengan yang lain, saling bantu, kita ini sudah teruji bahwa kita saling peduli antara satu dengan yang lain," tandasnya.

Dia meminta masyarakat melakukan refleksi diri atas musibah banjir yang melanda Pamekasan. Refleksi itu penting agar tidak saling menyalahkan antara satu dengan yang lainnya.

"Abdhina (saya, red) kemarin refleksi diri, ada yang salah nggak dari kepemimpinan saya ini, kenapa rakyat saya diuji oleh Allah," katanya.

Dia berharap, masyarakat dan korban banjir secara khusus sabar menghadapi ujian tersebut. Karena kesabaran menghadapi ujian itu akan mengangkat derajat seseorang untuk menjadi lebih baik.