kominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

+62 324 322 868

Detail Berita

PEMKAB PAMEKASAN GANDENG PUSDIKLAT KEMENKOMINFO SUKSES GELAR GOVERNMENT TRANSFORMATION ACADEMY 2022

Sabtu, 17 September 2022  36  

Dibuka secara resmi oleh Bupati Pamekasan yang diwakili oleh Asisten Administrsi Umum Setda Kab Pamekasan Bambang Edy Suprapto, Senin 12/9/2022 di Mandhapa Ronggosukowati, Pemerintah Kabupaten Pamekasan sukses menggelar pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) dengan skema Government Transformation Academy (GTA) untuk kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan Tahun 2022.

Dengan dihadiri oleh Para Pengajar Widyaiswara dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Pusat yang langsung hadir ke Pamekasan, Isnalidi selaku Koordinator Pusdiklat Kemenkominfo RI mengatakan sangat terkesan dengan pelaksanaan pelatihan GTA di Pamekasan ini.

"Betul sekali, saya sangat berterima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Pamekasan yang betul betul mengerahkan ASN dan non ASN untuk mengikuti pelatihan GTA ini dengan sungguh sungguh dan antusias", ujarnya disaat melihat ke 7 titik lokasi pelatihan GTA di Pamekasan.

Diikuti oleh kalangan ASN dan non ASN sejumlah 245 peserta pelatihan, Kabupaten Pamekasan sukses besar menggelar pelatihan GTA ini dengan cetak hattrik sukses, yakni Sukses Perencanaan, Sukses Pelaksanaan, dan Sukses Prestasi Penyelenggaraan (Peserta dan Teknis Sarpras mendukung), walaupun masih ada beberapa ruangan yang belum ada AC atau pendingin lainnya .

Seperti kita ketahui bahwasannya Digital Talent Scholarship adalah program beasiswa pelatihan talenta digital yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan daya saing SDM di bidang teknologi Informasi untuk mendukung transformasi digital dan peningkatan ekonomi digital Indonesia menuju Industri 4.0.

Program Digital Talent Scholarship (DTS) didesain untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran pentahelix (Pemerintah, Komunitas/Masyarakat, Institusi Pendidikan Tinggi, Dunia Usaha dan Media) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.

Tiga kabupaten yang menjadi pilihan sebagai Pilot Project dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam pengembangan Sumber Daya Manusia Unggul melaui Program Pelatihan dan Beasiswa DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP (DTS) yakni Kabupaten Lombok Tengah, Magetan dan Kabupaten Pamekasan.

Sampai berita ini diturunkan sudah hampir 2000 lebih masyarakat Pamekasan yang mengenyam pelatihan yang ada di rumah besar Digital Talent Scholarship (DTS), mulai dari Digital Enterprenurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Fresh Graduate Academy (FGA), Government Transformation Academy (GTA) dan berbagai macam pelatihan lainnya

Hattrick sukses pelaksanaan Pelatihan GTA tidak terlepas kolaborasi cantik antara Dinas Kominfo Pamekasan dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pamekasan, karena 2 OPD inilah yang merencanakan, mengkoordinasikan serta melaksanakan GTA dengan baik dan sukses.

Dikonfirmasi disaat kesibukan melaksanakan pelatihan GTA, PIC Dinas Kominfo Yudis Wahyudi mengatakan, memang benar bahwa GTA ini adalah sukses Pemerintah Kabupaten Pamekasan dengan menggandeng Pusdiklat Kemenkominfo RI, dimana tahun 2021 kemarin Pemkab telah menandatangani nota kesepahaman dengan Kepala Badan Pusdiklat Kemenkominfo terkait dengan pengembangan Talenta digital di Kabupaten Pamekasan.” Ujarnya.

Yudis juga mengatakan ada beberapa materi dalam pelatihan GTA ini yang diajukan Pemkab kepada Pusdiklat, yakni, Junior Office Operator (JOO), Cyber Security Essential (CSE), IT Essential (ITE) dan Social Media Analyst (SMA).

Dirinya juga mengatakan pada saat yang sama, Pemkab Pamekasan bersama dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Surabaya melaksanakan Pelatihan Thematic Academy (TA) untuk Pengasuh dan Pengelola Pondok Pesantren dengan OPD pengampu yakni Bagian Kesra Setda Kab Pamekasan yang berlangsung selama 2 hari, Kamis – Jumat 15 – 16 September 2022 yang dilaksanakan di Azana Style Hotel Pamekasan dengan kuota peserta sebanyak 50 Orang. (this26)