diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

DPMPTSP Naker Pamekasan Gelar Bimtek Menejemen Keuangan WUB

Kamis, 22 September 2022  458  

Pemkab Pamekasan- Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker) Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar bimbingan teknik (bimtek) pelatihan menejemen keuangan bagi wirausaha baru (WUB) di Ball Room Berlian Hotel Jalan Raya Panglegur, rabu (21/9/2022).

Tema materi bimtek tersebut meliputi menejemen keuangan dan pangsa pasar, wirausaha baru, strategi pemasaran dan peluang ekspor produk IKM Pamekasan, produk sehat omzet meningkat UMKM tangguh Pamekasan maju, koperasi sehat UMKM kuat Pamekasan hebat, dan jaminan sosial bagi pelaku usaha.

Kepala DPMPTSP Naker Pamekasan, Supriyanto mengungkapkan, menejemen keuangan sangat penting bagi para pelaku usaha agar tidak menghamburkan uang bisnisnya untuk sesuatu yang tidak penting. Karena seyogyanya, seseorang harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan supaya keuangan dapat terkelola dengan baik.

"Kita perlu memenej keuangan, jangan banyak bergaya, sesuaikan dengan kemampuannya. Sehingga, uang yang didapat dari usahanya nanti habis hanya untuk membeli barang sesuai dengan keinginan, bukan sesuai dengan kebutuhan," ungkapnya, rabu (21/9/2022).

Dia mengungkapkan, pelaku usaha terkadang tidak terkontrol dalam membelanjakan keuangannya tersebut lantaran keinginannya tidak bisa dibendung. Akibatnya, usaha yang dilakukan cenderung merugi atau bahkan bangkut.

"Oleh karena itu, ketika bapak/ibu masuk ke toko, membeli sesuaikan dengan kebutuhan, jangan keinginan. Kalau keinginan semuanya akan dibeli. Makanya, bimtek menejemen keuangan ini begitu pentingnya untuk bagaimana bapak/ibu mengelola usaha," tandasnya.

Mantan Kabag Prokopim Setdakab Pamekasan ini meminta pelaku usaha tidak menghamburkan keuangannya dalam urusan yang tidak penting. Apalagi bisnis yang dijalaninya baru merintis dan keuangannya belum stabil.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua, terutama pelaku UMKM atau pelaku usaha rumahan. Sehingga kesejahteraan masyarakat dapat tercapai sesuai keinginan Bapak Bupati Pamekasan," harapnya.