kominfo@pamekasankab.go.id

Jl Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, jawa timur.

+62 324 322 868

Detail Berita

DISKOMINFO JAWA TIMUR GELAR DISKUSI GELIATKAN PARIWISATA PASCA PANDEMI

Pemkab Pamekasan- Dinas Komunikasi dan Informastika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur menggelar forum koordinasi dan sinkronisasi manejemen isu pemerintah di Aston Hotel, Madiun, Sabtu (17/9/2021).

Kegiatan dengan tema "Sinergi Pemulihan dan Strategi Promosi Sektor Pariwisata Pasca Pandemi" tersebut dikemas dengan diskusi yang dihadiri oleh perwakilan Diskominfo kabupaten/kota se Jawa Timur.

Adapun narasumber yang didatangkan dalam kesempatan tersebut meliputi Kepala Bidang Industri Pariwisata Disbudpar Jawa Timur, Ansori. Konsultan Komunikasi Publik Diskominfo Jawa Timur, Gani Kartiwa Adiwisatra, dan Penggerak Wisata Desa Jawa Timur, Cak Odol.

"Pada kegiatan ini kita bukan hanya melaksanakan diskusi bagaimana memberikan solusi atas permasalahan yang ada di tempat kita, tapi nanti kita juga bisa diskusi bagaimana membuat rekomendasi di dalam penyusunan publikasi yang perlu kita lakukan," ujar Kepala Diskominfo Jawa Timur, Benny Sampirwanto.

Menurutnya, kegiatan diskusi tersebut penting dilakukan untuk menggeliatkan sektor pariwisata pasca pandemi covid-19. Sebab, pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling berkontribusi dalam mengdongkrak ekonomi masyarakat.

"Pada pertemuan ini kita mengambil manajemen isu pemerintah, pengelolaan permasalahan pemerintah yang temanya pariwisata. Kenapa pariwisata, saya pikir kita tahu semua bahwa setelah pandemi banyak sektor-sektor yang jatuh, diantaranya yang nomor satu pariwisata," tandasnya.

Dikatakan, selain pariwisata sebenarnya juga banyak sektor lain yang jatuh akibat pandemi covid-19. Seperti konstruksi, transportasi, pertambangan, otomotif. Tetapi ada juga sebagian yang justru mengalami kenaikan, diantaranya telekomunikasi, farmasi dan lain-lain.

"Pertumbuhan ekonomi kita di Jawa Timur tahun 2020 -2,39 persen. Kemudian kita bersyukur karena kita bersatu padu untuk bisa mengelola itu di bawah koordinasi bu gubernur, keikutsertaan TNI, Polri, bupati, wakil bupati dan seluruh pemangku kepentingan, sehingga pada semester 1 tahun ini kita tumbuh 3,20 persen," jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada seluruh diskominfo di daerah bekerja sama meningkatkan sektor pariwatasa pasca pandemi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.