kominfo@pamekasankab.go.id

Jl Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, jawa timur.

+62 324 322 868

Detail Berita

KEMILAU MADURA DAN SEMANGAT MEMBANGUN EKONOMI DARI DESA

Selasa, 30 November 2021 32 views

Pemkab Pamekasan- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar gebyar Kemilau Madura sebagai rangkaian Hari Jadi Pamekasan ke 491 di Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Sabtu (27/11/2021) malam.

Kemilau Madura merupakan kegiatan tahunan Hari Jadi Pamekasan dengan menampilkan budaya dan arifan lokal Madura. Pada acara dengan tema "Desaku Makmur, Pamekasan Hebat" tersebut juga mendatangkan pimpinan daerah dari tiga kabupaten di Madura, tokoh-tokoh Madura, serta tokoh Pamekasan.

Selain itu, terdapat tamu dari luar Madura ikut menyaksikan gebyar tersebut, diantaranya komunitas seniman dari Jember, dan Surabaya, serta beberapa kabupaten lainnya di Jawa Timur.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam menyampaikan, pihaknya memilih program membangun ekonomi merata dari bawah melalui strategi desa tematik dengan aneka potensinya sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya memilih desa tematik, kenapa desa tematik? Karena semua desa punya keunikan, semua desa memiliki potensi, semua desa memiliki local wisdom, desa memiliki sumber daya yang berbeda-beda," ungkapnya.

Bupati yang akrab disapa Mas Tamam tersebut menambahkan, pihaknya merumuskan segala potensi desa untuk dikembangkan agar bisa bernilai ekonomis. Desa yang mampu mengelola potensinya dengan baik, secara otomatis dapat.meningkatkan ekonomi masyarakatnya.

"Kita rumuskan bagaimana potensi desa yang kita miliki dan semua stake holder di tingkat desa berpartisipasi menyusun, merumuskan, bergerak, mengangkat seluruh ekonomi yang dikembangkan di desa-desa," tandasnya.

Dia menegaskan, sejumlah desa saat ini telah menemukan potensinya untuk dikelola menjadi desa sesuai tema yang ditentukan. Seperti Desa wisata, desa UMKM, desa home industri dan tema-tema lain sesuai potensinya desanya.

"Alhamdulillah sudah ada yang menemukan identitasnya, sebagian ada desa UMKM, ada yang sudah mendeklarasikan desa pertanian, desa wisata, dan seterusnya. Bagaimana tumbuh hidupnya ekonominya di desa-desa, kita dorong dari pemerintahan, tidak hanya dari OPD, tetapi seluruh pemerintahan membantu itu," tandasnya.

Tema "Desaku Makmur, Pamekasan Hebat" dalam peringatan hari jadi Pamekasan tahun ini lantaran dampak ekonominya luar biasa untuk kesejahteraan masyarakat. Pihaknya akan senantiasa mendorong daya saing desa agar cita-cita Pamekasan Hebat bisa tercapai.

"Karena kalau semua desa sudah makmur, Pamekasan pasti hebat, kalau semua desa di Indonesia sudah makmur, maka Indonesia akan makmur dan luar biasa. Kenapa fokus dan lokus pembangunan harus di desa? Karena semua orang pasti punya desa dan kelurahan," pungkasnya.