diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Bangun Taman Edukasi, Desa Samatan Perkuat Desa Tematik Program Bupati Baddrut Tamam

Sabtu, 31 Desember 2022  747  

Pemkab Pamekasan- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Rahayu milik Pemerintah Desa Samatan, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur terus mengembangkan potensi desanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Desa Samatan mengintegrasikan dua potensi desanya antara peternakan dan pertanian. Hal itu sebagai implementasi dari program desa tematik gagasan Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam yang memiliki visi tumbuh dari bawah, merata dan berkeadilan.

Selama kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam, desa ini menggalakkan kegiatan peternakan dan pertanian. Saat ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Samatan melalui BUMDes Rahayu membangun Taman Edukasi Rahayu, di dalamnya terdiri dari cafe, tempat acara, dan taman bermain. Taman Edukasi Rahayu ini didalamnya dibangun ikon sapi dan bapak tani. Tentu ikon tersebut sebagai simbol Samatan sebagai desa peternakan dan pertanian.

"Taman Edukasi Rahayu ini tujuannya sebagai tempat pembelajaran bagi kaum pemuda, dan kami targetkan lembaga pendidikan di Kecamatan Proppo (memanfaatkan Taman Edukasi Rahayu, red)," kata Pengelola Taman Edukasi Rahayu, Ahmad Lutfi, jum'at (30/12/2022).

Pihaknya ingin menfasilitasi kegiatan lembaga pendidikan atau kegiatan pemerintahan di Kecamatan Proppo agar tidak harus ke wilayah perkotaan dalam setiap kegiatannya, mengingat jarak tempuh yang lebih jauh. Masyarakat dapat memanfaatkan taman tersebut untuk kegiatan yang edukatif.

"Tetapi pembangunannya sekarang masih belum selesai, sekitar 70 persen. Ikon sapi dan bapak tani itu sebagai penyemangat bagi petani dan masyarakat bahwa kita bisa, tidak harus bergantung kepada orang lain," tandasnya.

Dia menuturkan, pihaknya menyediakan beberapa tempat khusus bibit tanaman yang dapat dibeli oleh pengunjung Taman Edukasi Rahayu, seperti bibit pisang cavendish, cabai, sayuran, jeruk dan beberapa bibit tanaman lainnya. Tidak hanya itu, pihaknya juga mempersiapkan peralatan teknis yang dapat menunjang kegiatan masyarakat di tempat tersebut.

"Insyaallah launchingnya pertengahan bulan januari (2023, red), tetapi kalau untuk kegiatan sekarang sudah bisa ditempati. Insyaallah malam tahun baru kami mengadakan solawat bersama," tandasnya.

Dia berharap, masyarakat dapat memanfaatkan tempat tersebut sebagai wahana edukasi, tempat rapat, kegiatan lembaga pendidikan dan kegiatan lain yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Samatan, Kecamatan Proppo secara khusus.