diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Wabup Fattah Jasin Lantik Komisi Irigasi Kabupaten Pamekasan Periode 2023-2025

Jumat, 25 Agustus 2023  231  

Pemkab Pamekasan- Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Fattah Jasin melantik pengurus Komisi Irigasi Kabupaten Pamekasan periode 2023-2025 di Peringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Kamis (24/8/2024).

Dalam sambutannya Wabup menerangkan, komisi Irigasi merupakan lembaga koordinasi dan komunikasi antara unsur-unsur dari pemerintah, perkumpulan petani pemakai air (P3A) dan dari pengguna jaringan irigasi.

"Dulu panitia irigasi, sekarang komisi irigasi, berarti ada peningkatan untuk bersama-sama bagaimana tujuan akhir dari komisi irigasi ini membantu pemerintah dalam rangka berswasembada pangan dan ketahanan pangan di Kabupaten Pamekasan," katanya.

Dia menceritakan, pada era kepemimpinan Soeharto pemerintah Indonesia melakukan upaya ketahanan pangan dengan memperbaiki seluruh irigasi secara nasional. Saat itu dirinya menjabat sebagai kepala seksi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Timur.

"Dulu di Undang-Undang 11 ada irigasi primer, irigasi skunder, irigasi tersier, irigasi kwarter hingga irigasi ke tingkat tani. Setelah dibangun sekitar 5 tahun, maka operasi dan pemeliharaannya untuk mempertahankan bangunan itu butuh pembiayaan besar," tandasnya.

Dia bersyukur, komisi irigasi di daerahnya terbentuk sebagai upaya memenuhi kebutuhan air, dan ketahanan pangan nasional.

"Selamat dan sukses, mudah-mudahan Komisi Irigasi ini bisa bermanfaat untuk mewarnai dan membantu masyarakat, kalau di Pamekasan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, saya melihat ada beberapa kebutuhan yang harus menjadi prioritas dalam rangka mendukung laju pertumbuhan ekonomi," pungkasnya.

Perlu diketahui, adapun Ketua Komisi Irigasi Kabupaten Pamekasan periode 2023-2025 adalah Sigit Priyono yang juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah, sementara ketua harian dijabat Amin Jabir yang juga menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Pamekasan.