diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Pj Bupati Pamekasan Bagikan 8 Ton Beras Murah kepada Warga

Selasa, 30 Januari 2024  134  

Pemkab Pamekasan- Penjabat Bupati Pamekaksan, Madura, Jawa Timur, Masrukin membagikan 8 ton beras murah kepada warga dalam operasi pasar di Pasar Pakong, Kecamatan Pakong, Selasa (30/1/2024).

Dalam kegiatan itu orang nomor satu di bumi gerbang salam itu didampingi Kepala Diskominfo Nur Hidajatul Firdaus, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Nolo Garjito, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Basri Yulianto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Nurul Widiastuti, Camat Pakong, Kapolsek Pakong, dan Danramil Pakong.

Operasi pasar murah yang bekerja sama dengan Kantor Bulog Sub Divre Madura itu membagikan 8 ton beras murah kepada masyarakat. Tujuannya untuk mengantisipasi melonjaknya harga beras di tingkat konsumen.

"Meskipun Pakong ini daerah agraris, tetapi perlu agar masyarakat ini tidak panik kalau ada kenaikan beras di atas HET (harga eceran tertinggi, red). Pamekasan masih tetap stabil, tetapi tetap kita jaga-jaga," kata Masrukin saat ditemui di lokasi.

Pantauan di lokasi, Masrukin bersama para pejabat lainnya juga memantau langsung harga sembilan bahan pokok di pasar tradisional Pakong tersebut. Hasilnya harga cabai ditemui turun, harga telor turun, serta harga bawang juga mengalami penurunan.

"Ini menunjukkan bahwa kestabilan harga bisa teratasi di Pamekasan. Artinya kita sebenarnya sudah memasuki deflasi. Cuman kita harus tekan agar tidak terlalu jauh deflasinya. Jadi masyarakat produsennya juga akan kewalahan," tandasnya.

Masrukin memungkasi, pihaknya juga berencana untuk melanjutkan operasi pasar murah di sejumlah pasar tradisional lainnya, seperti Pasar Waru, Pasar Palengaan, dan sejumlah pasar lainnya. Tentu sesuai dengan analisa kebutuhan beras subsidi di setiap pasar tersebut.

"Operasi pasar ini tidak dalam rangka membunuh pedagang beras, makanya dibatasi dan jumlah masyarakat yang membeli itu juga dibatasi," pungkasnya.