diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

BPOM Surabaya Edukasi Pedagang Pasar Kolpajung Pamekasan

Sabtu, 17 Agustus 2024  121  

Pemkab Pamekasan- Para pedagang Pasar Kolpajung Pamekasan, Madura, Jawa Timur mendapat edukasi tentang bahan pangan aman oleh Badan Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Surabaya, Jum'at (16/8/2024).

BPOM Surabaya melakukan kampanye pasar pangan aman berbasis komunitas bersama pedagang pasar yang diawali dengan pengambilan sampel bahan untuk memastikan bahan yang dijual aman.

"Kegiatan pagi ini kami melakukan kampanye pasar ditujukan untuk komunitas pasar, baik dari pembeli, dan penjual. Pada saat kampanye kami melakukan edukasi dan sosialisasi keamanan pangan di Pasar Kolpajung," ujar Tim Pelaksana Pelayanan Permintaan Informasi dan Pengaduan BPOM Surabaya, Rika Yustiarni.

Menurutnya, Pemkab Pamekasan menunjuk Pasar Kolpajung sebagai lokasi kampanye pasar pangan aman berbasis komunitas tahun 2024 yang dilaksanakan instansinya. Selain mengedukasi masyarakat, pihaknya juga menguji bahan pangan yang dijual pedagang, termasuk pula hasil belanja pembeli.

"Pengujiannya terhadap borak, formalin, rhodamine B, biasanya kalau borak ada bakso, krupuk, lontong, kalau formalin pada ikan. Dari hasil tadi, alhamdulillah negatif semua mas, dengan 30 lebih sampel yang kita uji," jelasnya.

Dia berharap pada tahap kedua monitoring pasar, petugas pasar nantinya tidak menemukan bahan berbahaya. Tentu hal tersebut harus ada komitmen kuat dari pedagang untuk memastikan barang dagangannya aman, sehingga pembeli dapat terlindungi.