diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

BUAT ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN CUKUP DIRUMAH, BUPATI PAMEKASAN APRESIASI KELURAHAN BARKOT

Senin, 23 Agustus 2021  1.138  

Pemkab- Pemerintah Kelurahan Barurambat Kota (Barkot) Kecamatan/Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menjalin kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) setempat guna mempermudah pelayanan administrasi kependudukan kepada warganya, Senin (23/8/2021).

Penandatanganan kerjasama itu bertempat di Peringgitan Dalam Rumah Dinas Bupati Pamekasan. Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Baddrut Tamam, Sekretaris Daerah (Sekda), Totok Hartono, Camat Pamekasan, Rahmat Hidayat, sejumlah kepala desa, dan Kepala Disduk Capil, Achmad Faisol.

Lurah Barurambat Kota, Akh. Dhofir Rasidi dalam presentasinya menyampaikan, pihaknya akan mempermudah layanan administrasi kependudukan bagi warganya. Seperti kartu keluarga (KK), akta kelahiran, dan akta kematian. Warganya tidak perlu mengurus sendiri untuk kebutuhan administrasi tersebut karena akan difasilitasi oleh kelurahan.

Warga Kelurahan Barurambat Kota yang sebelumnya harus datang sendiri ke kantor Disduk Capil dengan sejumlah persyaratan, dan beberapa loket yang harus dilalui, melalui program tersebut warga cukup di rumah saja. Sebab, pihak kelurahan yang akan mengurus semuanya tanpa dipungut biaya alias gratis.

"Misalnya untuk akta kematian, setiap ada orang yang meninggal, kami datang ke rumah duka untuk ta ziyah dan kami terbitkan surat kematian seraya menguruskan persyaratannya, kemudian kami bawa ke kantor kelurahan. Demikian juga akta kelahiran, kami akan datang ke rumahnya sambil melihat anak yang baru lahir tersebut, kemudian kami juga akan minta persyaratannya," terangnya.

Program ini dilatarbelakangi rendahnya kesadaran masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan, serta keinginan untuk membantu warga yang sedang berduka melalui tupoksinya sebagai aparatur sipil negara (ASN).

"Setelah akta kematian itu selesai di Disduk Capil, kami ambil dan diantarkan ke rumah warga langsung akta kematian tersebut berikut KK yang baru. Layanan ini kami ingin membantu dan memudahkan masyarakat," tandasnya.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengapresiasi program mulia tersebut yang tentu telah melalui pemikiran panjang di tingkat keluharan. Mulai kondisi sosialnya, hingga beberapa kemungkinan dari program itu.

"Semoga program ini bisa menginspirasi kepada yang lain, tentu program ini sudah melalui diskusi panjang terhadap beberapa kemungkinan. Saya sampaikan terimakasih kepada pak lurah dan seluruh jajarannya," ungkapnya.

Bupati dengan panggilan mas Tamam ini berharap ASN senantiasa diberikan kesabaran dan ketabahan oleh Allah SWT  dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Meskipun sejatinya, pemerintah harus hadir dalam setiap kebutuhan warganya.

"Program seperti ini sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat yang bersyukur," pungkasnya.