diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

MAS TAMAM BLUSUKAN NAIK MOTOR TRAIL BARENG JENDERAL TNI, PANTAU PEMBANGUNAN PAVINGISASI DAN RUTILAHU

Kamis, 07 Oktober 2021  618  

PEMKAB PAMEKASAN - Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam blusukan ke Desa Rangperang Daya, Kecamatan Proppo, bersama Mayor Jenderal TNI, Nugroho Budi Wiryanto, Kamis (7/10/2021).

Blusukan kali ini dalam rangka meninjau hasil pembangunan fisik program tentara manunggal membangun desa (TMMD) ke-112 tahun 2021 di Dusun Pongpongan.

Blusukan pertama dimulai dari Balai Desa Rangperang Daya.

Di lokasi ini, Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mayor Jenderal TNI, Nugroho Budi Wiryanto bersama Bupati Baddrut Tamam mendengarkan paparan hasil pembangunan fisik yang telah dibangun oleh peserta TMMD ke-112.

Usai mendengarkan paparan, Bupati Baddrut Tamam dan Mayor Jenderal TNI, Nugroho Budi Wiryanto memberikan bantuan paket sembako terhadap puluhan warga Desa Rangperang Daya di Kantor Balai Desa setempat.

Setelah itu langsung blusukan meninjau hasil pembuatan pembangunan pavingisasi jalan di Dusun Pompongan.

Setiba di lokasi ini, rombongan disambut riang gembira oleh warga setempat.

Sebab akses jalan yang menghubungkan dua dusun itu, yang sebelumnya jalan berbatu kini telah mulus berkat dibangun oleh peserta TMMD ke-112.

Warga setempat mengaku bersyukur adanya pembuatan jalan baru itu.

Sebab mereka bisa lebih cepat untuk melewati jalan tersebut ketika hendak ingin ke pasar dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Usai meninjau pembuatan jalan pavingisasi, rombongan bergeser meninjau pembuatan tandon air yang sudah hampir selesai yang tak jauh dari lokasi pembangunan pavingisasi.

Tandon air ini nantinya akan dipakai warga setempat untuk keperluan mandi, minum, mencuci pakaian dan kebutuhan hidup lainnya.

Selepas meninjau pembuatan tandon air, Bupati Baddrut Tamam dan Mayor Jenderal TNI, Nugroho Budi Wiryanto meninjau pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu).

Saat menuju ke tampat Rutilahu ini, Bupati Baddrut Tamam dan Mayor Jenderal TNI, Nugroho Budi Wiryanto beserta rombongan mengendarai motor trail.

Setiba di lokasi Rutilahu, rombongan Bupati Baddrut Tamam dan Mayor Jenderal TNI, Nugroho Budi Wiryanto disambut langsung oleh penerima bantuan Rutilahu.

Mata penerima Rutilahu nampak berkaca-kaca saat rumahnya yang sudah dibangun jadi bagus ini dikunjungi langsung oleh Bupati Baddrut Tamam dan Mayor Jenderal TNI, Nugroho Budi Wiryanto.

Penerima meyampaikan terima kasih kepada Bupati Baddrut Tamam dan Mayor Jenderal TNI, Nugroho Budi Wiryanto atas bantuan pembangunan rumah tersebut.

Penerima mendoakan Bupati Baddrut Tamam dan Mayor Jenderal TNI, Nugroho Budi Wiryanto agar selalu menjadi pemimpin yang amanah dan peduli terhadap rakyat.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengaku sangat terhormat dan bersyukur karena kedatangan tamu istimewa yaitu Mayor Jenderal TNI, Nugroho Budi Wiryanto beserta rombongannya ke Pamekasan untuk meninjau langsung hasil pembangunan fisik yang dilakukan oleh peserta TMMD ke-112 di Dusun Pongpongan.

Kata dia, Pamekasan hampir setiap tahun melaksanakan program TMMD.

Biasanya, yang diusulkan oleh Komandan Kodim Pamekasan untuk ditempati sebagai lokasi TMMD sebanyak dua sampai tiga desa.

Namun karena saat ini masih pandemi Covid-19, TMMD tahun 2021 itu hanya dilaksanakan di satu desa, yaitu di Desa Rangperang Daya.

"Kalau tahun sebelumnya dilaksanakan di dua desa," kata Baddrut Tamam saat sambutan di ruangan Mandhapa Aghung Ronggosukowati sebelum blusukan.

Menurut Bupati yang akrab disapa Mas Tamam ini, biasanya kalau tidak ada pandemi Covid-19, dirinya bersama jajaran Forkopimda sering datang malam hari dan meluangkan waktu bakar ikan bersama peserta TMMD yang bertugas di lapangan.

Usai bakar ikan, biasanya ia sembari memberikan semangat kepada peserta TMMD agar semangat bekerja dan ikhlas mengabdi untuk kesejahteraan masyarakat.

"Karena sekarang pandemi jadi semua harus mematuhi protokol kesehatan, dan di TMMD tahun ini kita tidak menyambangi malam hari. Tapi beberapa pekal lalu, kami bersama Komandan Kodim, Camat dan Kades melihat secara langsung kerja TMMD di lokasi," ujar Mas Tamam.

Mas Tamam menilai kerja peserta TMMD ke-112 ini sangat luar biasa saat membuat jalan baru pavingisasi.

Begitu pula, kerja Kepala Desa Rangperang Daya juga luar biasa dalam mendukung kesuksesan program TMMD ke-112.

"Kami beberapa pekan kemarin naik motor bersama Komandan Kodim, Camat, Kades, dan bekerja bareng-bareng," cerita Mas Tamam dihadapan Mayor Jendrral TNI, Nugroho Budi Wiryanto.

Mas Tamam mengaku terharu saat melihat kegotong-royongan dan partisipasi masyarakat Rangperang Daya yang masih terpupuk kuat ketika ikut andil membantu membangun jalan baru.

Bahkan, pihaknya juga mengapresiasi kerja Dandim Pamekasan yang sering ikut blusukan dan meninjau langsung setiap proses pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh peserta TMMD ke-112.

"Beberapa teman-teman di sini senang dengan kerja Komandan Kodim, bahkan ada yang berbisik ke saya, jangan sampai Komandan Kodim dipindah," kelakarnya sembari tertawa.

#Ket foto: Suasana saat Bupati Baddrut Tamam dan Mayor Jendral TNI, Nugroho Budi Wiryanto blusukan meninjau pembangunan Rutilahu di Desa Rangperang Daya, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Madura, Kamis (7/10/2021).