diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

PEMKAB PAMEKASAN JAMIN KESEHATAN KAFILAH MTQ XXIX JAWA TIMUR, ANTAR JEMPUT GRATIS KE FASKES

Kamis, 07 Oktober 2021  392  

Pemkab Pamekasan- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, akan memberikan pelayanan maksimal kepada para kafilah musabaqoh tilawatil qur an (MTQ) ke XXIX tingkat Provinsi Jawa Timur pada tanggl 2 sampai 11 november mendatang.

Pelayanan itu berupa penyambutan, tempat, serta pelayanan kesehatan bagi para peserta dan petugas MTQ dari 37 kabupaten/kota di Jawa Timur. Bahkan, panitia akan memberikan layanan antar jemput bagi kafilah yang mengalami gangguan kesehatan selama berada di Kabupaten Pamekasan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Achmad Marzuki mengungkapkan, pihaknya akan bekerja sama dengan Pamekasan Call Care (PCC) untuk menfasilitasi para kafilah yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Petugas dari PCC akan mengantarkan mereka hingga rumah sakit atau klinik. Demikian juga saat hendak pulang dari fasilitas kesehatan (faskes) tersebut.

Peserta MTQ mendapat pelayanan kesehatan tidak hanya saat menjalani kompetisi di masing-masing venue. Melainkan, kafilah yang membutuhkan pelayanan kesehatan saat berada di tempat penginapannya juga bisa menghubungi petugas PCC.

"Kami fungsikan PCC, kami beri satu nomor, baik hotel atau ketua kafilahnya. Langsung hubungi PCC kalau ada gangguan kesehatan, nanti PCC yang akan menggerakkan tenaga kesehatan yang telah ditunjuk untuk menjemput bola," ungkapnya, Kamis (7/10/2021).

Pria asal Kecamatan Palengaan ini menjelaskan, pihaknya juga menyiapkan petugas PCC di setiap venue untuk memaksinalkan pelayanan kepada para kafilah guna mengantisipasi sesuatu yang tidak dinginkan.

"Pada hari pelaksanaan juga kami juga kerja sama dengan PCC dan menempatkan tenaga kesehatan pada setiap venue. Hasil koordinasi dengan provinsi juga bahwa setiap peserta MTQ akan dilakukan swab antigen setiap tiga hari," tandasnya.

PCC merupakan program unggulan Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam di bidang kesehatan. Melalui program itu, masyarakat bisa konsultasi kesehatan langsung via nomor yang telah disediakan. Bahkan, program itu juga melayani antar jemput masyarakat secara gratis kepada fasilitas kesehatan dengan mobil sigap yang telah diberikan kepada semua desa di bumi Gerbang Salam.

Program itu juga akan dimanfaatkan saat pelaksanaan MTQ ke XXIX tingkat Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Pamekasan. Panitia akan memberikan nomor telpon kepada para kafilah untuk menghubungi nomor tersebut apabila membutuhkan layanan kesehatan.

Menurut Marzuki, pihaknya akan memperkat protokol kesehatan (prokes) selama pelaksanaan MTQ tersebut untuk memastikan mereka tidak terpapar covid-19 selama menjalani kompetisi di Pamekasan.

"Semua kegiatan harus mematuhi prokes. Pada saat penjemputan peserta semuanya diharapkan sesuai dengan prokes. Untuk prokes di hotel, tempat, atau penginapan seperti biasa semua ruangan harus steril dan selalu disemprot disinfektan," pungkasnya.