diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Banyak Tidak Tahu, Ternyata Ini Upaya Pemkab Pamekasan Jaga Kualitas Tembakau Madura

Minggu, 21 Agustus 2022  437  

Pemkab Pamekasan- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur memberikan bantuan benih setiap masa tanam untuk menjaga kualitas tembakau petani di daerahnya.

Kepala Bidang Produksi Pertanian Dinas Ketahanan Pengan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan, Achmad Suaidi mengungkapkan, pihaknya secara rutin memberikan bantuan benih kepada petani sebagai upaya menjaga serta meningkatan kualitas tembakau Madura.

"Ini namanya program peningkatan kualitas tembakau, salah satunya dengan pemberian benih prancak 95 yang sudah ada sertifikatnya," kata Suaidi, Sabtu (20/8/2022).

Dana program peningkatan kualitas benih tersebut bersumber dari bantuan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) dengan anggaran sekitar Rp 42 juta pertahun.

"Ini sangat kecil anggarannya, karena kita belum mencakup secara keseluruhan," tandasnya.

Dia mengungkapkan, tidak semua wilayah di daerahnya cocok untuk ditanami tembakau lantaran tanah yang tidak mendukung. Hal itu sesuai dengan tes laboratorium yang telah dilakukan. Oleh karena itu, petani dapat memanfaatkan tanaman lain selain tembakau agar untungnya lebih maksimal.

"Yang tidak layak itu tolong ditanami yang lain, tanaman alternatif, salah satu contohnya jagung hibrida, dan bawang merah," pungkasnya.