diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Luar Biasa! Batik Pamekasan Akan Tampil di Paris Fashion Week

Rabu, 12 Oktober 2022  412  

Pemkab Pamekasan- Batik tulis khas Pamekasan, Madura, Jawa Timur semakin naik dauh di bawah kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam. Hal itu tak lepas dari promosi yang dilakukan melalui gebyar batik yang digelar di sejumlah tempat mulai tahun 2021 dan 2022.

Batik Pamekasan dikabarkan akan tampil dalam fashion show di sejumlah negara, seperti Laos dan Vietnam. Tidak hanya itu, batik tulis Pamekasan tersebut juga akan tampil dalam ajang Paris Fashion Week.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam menyampaikan, promosi batik yang digelar di luar Madura tak ada maksud lain kecuali untuk memperkenalkan batik Pamekasan di kancah nasional, dan internasional. Tujuannya, ekonomi masyarakat tumbuh dan berkembang lantaran permintaan pasar yang meningkat.

"Kalau kita mau mempromosikan batik yang digunakan oleh laki-laki yang ganteng dan perempuan yang cantik dengan designer yang bagus, itu mau ditunjukkan ke siapa? Ditunjukkan ke internal dan eksternal, di internal kita sering," katanya, rabu (12/10/2022).

Menururnya, gebyar batik terakhir yang digelar di Bali memiliki dampak yang luar biasa dalam hal promosi, saat itu tamu dari 50 negara bisa menyaksikan langsung promosi batik Pamekasan yang berkualitas. Termasuk gebyar batik sebelumnya yang dilaksanakan di Bromo.

"Promosi yang di Bali kemarin dapet, kalau kita hitung seluruhnya bisa mendapatkan gambaran tentang batik Pamekasan yang bagus," tandasnya.

Dia mengaku, pihaknya mendapat informasi gembira tentang batik Pamekasan yang mulai dilirik oleh masyarakat mancanegara. Beberapa negara berminat untuk mendatangkan langsung fashion batik Pamekasan. Seperti Laos, Vietnam, bahkan batik Pamekasan juga akan tampil dalam Paris Fashion Week.

"Saya dapat informasi bahwa Shopee dalam minggu ini akan bertemu dengan kita yang kemungkinan akan ke Paris Fashion Week dan ke beberapa peragaan penting di tingkat internasional," terangnya.

Dia berharap, batik Pamekasan yang mulai dikenal di kancah internasional mampu menumbuhkan ekonomi perajin dan masyarakat Pamekasan secara umum. Sebab, promosi itu bertujuan meningkatkan kesejahteraan dari bawah merata dan berkeadilan sesuai dengan cita-cita bersama.