diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

DPMD Pamekasan Dorong Pemdes Temukan Potensi Desa

Kamis, 20 Oktober 2022  819  

Pemkab Pamekasan- Dunas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mendorong semua desa agar mampu menemukan potensi desanya sebagai kekuatan ekonomi baru masyarakat.

Kepala DPMD Pamekasan, Fathorrohman mengungkapkan, pihaknya senantiasa melakukan pembinaan kepada pemerintah desa (pemdes) untuk menggali potensinya. Hal itu sebagai wujud komitmen Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam meningkatkan ekonomi masyarakat dari bawah, merata, berkeadilan dengan strategi desa tematik.

"Kami selalu memberikan pendampingan kepada desa agar keinginan bapak bupati setiap desa punya tema masing-masing benar benar terwujud," ungkapnya, kamis (20/10/2022).

Menurutnya, pemdes melalui dana desa dapat melakukan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDM) untuk kemajuan desa. Tidak sebatas untuk pembangunan infrastruktur, seperti jalan, plengsengan, saluran air, dan lain-lain.

"Sehingga nanti ada desa wisata, desa UMKM, desa dan lain-lain. Bisa saja seperti Desa Kertagena Tengah nantinya menjadi desa teknologi tepat guna (TTP), ini merupakan keinginan bapak bupati untuk membangun kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

Agus Salim (21), warga Desa Kertagena Tengah, Kecamatan Kadur mampu menciptakan pom mini cerdas yang berhasil menyabet juara 1 tingkat Provinsi Jawa Timur, dah juara harapan 1 tingkat nasional. Dalam membeli bahan bakar minyak (BBM) dalam pom mini cerdas ini, pembeli cukup memasukkan uang layaknya mesin ATM.

Fathorrohman melanjutkan,, para anak muda lain dan masyarakat secara umum di Kabupaten Pamekasan bisa menggali potensi daerahnya untuk kesejahteraan bersama.

"Kami tentu akan memberikan pembinaan dan pendampingan bagi desa yang benar-benar berkomitmen untuk menemukan potensi desanya," pungkasnya.