diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Pom Mini Cerdas Karya Anak Pamekasan Raih Juara Tingkat Nasional

Kamis, 20 Oktober 2022  602  

Pemkab Pamekasan- Teknologi tepat guna (TTG) berupa pom mini cerdas karya anak warga Desa Kertagena Tengah, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mampu berkompetisi di kancah nasional.

Pom mini cerdas karya Agus Salim (21) tersebut menjadi perwakilan Provinsi Jawa Timur untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional. Hasilnya, ia mampu meraih juara harapan 1 setelah bersaing dengan karya teknologi tepat guna lain dari sejumlah kabupaten di Indonesia.

"Sebelumnya, pom mini cerdas karya mas Agus ini mendapat juara 1 tingkat Provinsi Jawa Timur, sehingga menjadi perwakilan untuk ikut tingkat nasional," terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pamekasan, Fathorrohman, kamis (20/10/2022).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (Mendes PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar kepada Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam di daerah Bogor, Jawa Barat, rabu (19/10/2022).

Pada kesempatan itu Hadir juga pembuat pom mini cerdas, Agus Salim, didampingi Kepala Desa Kertagena Tengah, M. Suto Abdurrahman, dan Camat Kadur.

"Mas Agus kemarin juga ditantang untuk membuat teknologi tepat guna lain oleh dewan juri, misalnya dalam pencairan bantuan program keluarga harapan (PKH) agar warga tidak usah jauh-jauh ke bank," ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya akan memberikan pendampingan kepada Agus Salim agar bisa mengembangkan karyanya agar lebih efektif dan efesien, sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat yang lebih luas. Termasuk bantuan dana desa tidak hanya untuk pembangunan infrastruktur, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan teknologi.

"Dukungan dari pemerintah daerah itu pasti, sehingga program desa tematik gagasan bapak bupati itu dapat terlaksana dengan baik. Untuk Desa Kertagena Tengah misalnya menjadi desa teknologi tepat guna," tandasnya.

Dia berharap, anak-anak muda lainnya bisa meniru jejak Agus Salim untuk mengembangkan potensinya, tidak hanya di bidang teknologi tepat guna, melainkan potensi lain yang dapat bermanfaat untuk bangsa dan negara.

Pom mini cerdas buatan Agus Salim tersebut merupakan teknologi tepat guna yang hanya cukup memasukkan uang layaknya mesin ATM untuk membeli bahan bakar minyak (BBM), baik pertalite atau pertamax. Pemilik tidak usah menjaga pom mininya setiap ada pembeli lantaran pembeli dapat memasukkan uang sendiri dan menekan tombol pilihan sebelum mengisi sendiri ke kendaraanya.