diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Bupati Pamekasan : NU Telah Berkontribusi untuk Indonesia dan Dunia

Sabtu, 28 Januari 2023  555  

Pemkab Pamekasan- Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam menyampaikan selamat dan sukses atas perayaan puncak satu abad Nahdlatul Ulama (NU) yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 februari 2023 di Stadion Deltra Sidoarjo.

Menurutnya, organisasi kemasyarakat (ormas) Islam terbesar di Indonesia itu telah genap seratus tahun dengan sederet kontribusi terhadap kemajuan agama, bangsa, dan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI). Bahkan, tidak hanya di Indonesia, melainkan di dunia.

"Alhamdulillah, perjuangan Nahdlatul Ulama di Indonesia dan dunia sudah nyata kita rasakan, sumbangsih besar NU sungguh nyata. NU mengajari kita semua untuk senantiasa menjalankan amaliyah diniyah yang rasional, dan berpijak kepada nilai-nilai kebudayaan yang kita miliki," katanya, jum'at (27/1/2023).

Bupati yang akrab disapa Mas Tamam ini menambahkan, NU mengajarkan cinta damai dalam hidup berbangsa dan bernegara dengan segudang perbedaan ras, suku, dan agama. Bagi NU, perbedaan tidak menjadi alasan untuk berpecah belah dalam bingkai bhinneka tunggal ika.

"NU mengajak kita semua untuk menghormati ulama', habaib, serta berpondasikan 'al muhafadza ala al qodimi al ashlah, wal akhdzu bil al jadidi al ashlah' disatukan dengan semangat keindonesiaan, kebersamaan dalam beragama," tandasnya.

Dia menyampaikan, pihaknya bersyukur NU telah memberikan sumbangsih pemikiran untuk kemajuan dan tegaknya NKRI. Menebarkan nilai cinta dan kasih sayang dalam bingkai perbedaan itu menjadikan bangsa Indonesia memiliki kesadaran yang komplek, dan padu untuk senantiasa berkontribusi kepada bangsa dan negara.

"Mudah-mudahan NU terus membimbing ummat, mengajak ummat berbuat baik, soleh, serta menyatukan hati dan pikiran mencintai sayyidina Muhammad SAW, mengajarkan dan mengamalkan ajaran Islam yang rahmatan lil alamin, serta mendorong kita semua sebagai warga Indonesia mencintai Indonesia, Islam, dan mencintai kemanusiaan," ungkapnya.

Dewan a'wan PWNU Jawa Timur ini melanjutkan, NU yang menebar ajaran rahmatan lil alamin merupakan komitmen para ulama dengan prinsip mencintai negara bagian dari iman.

"Karena itulan, kebanggaan dan terima kasih setinggi-tingginya saya sampaikan kepada para alim dan para ulama, PBNU, PWNU, PCNU, dan segenap nahdliyin, nahdliyat mudah mudahan kita mau berkontribusi kepada bangsa, negara, agama, dan kemanusiaan," pungkasnya.