diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Disdikbud Pamekasan Gelar Workshop Percepatan IKM

Selasa, 27 Agustus 2024  144  

Pemkab Pamekasan - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar workshop percepatan implementasi kurikulum merdeka (IKM) belajar tahap II di Hotel Berlian, Jalan Raya Panglegur, Senin (26/8/2024).

Workshop untuk sekolah menengah pertama (SMP) swasta tersebut digelar selama tiga hari. Terhitung mulai tanggal 26 sampai 28 Agustus 2024.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Menengah Disdikbud Pamekasan, Moh. Ridwan menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka mensukseskan IKM yang telah menjadi program pemerintah kepada setiap satuan pendidikan di bawah naungan instansinya. Workshop tahap II itu diikuti 30 SMP swasta.

"Adapun yang hadir dari setiap sekolah itu sebanyak dua orang, terdiri dari kepala sekolah dan urusan kurikulum," terangnya saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Menurutnya, materi yang diberikan kepada peserta meliputi penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP), pemanfaatan Platform Merdeka Belajar (PMM), pembelajaran dan assesmen, serta penyusunan modul P5 (proyek penguatan profil pelajar Pancasila).

"Kami berharap satuan pendidikan dapat menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku," harapnya.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Pamekasan, Mohammad Alwi mengungkapkan, pelaksanaan workshop itu dapat memberikan solusi setiap persoalan yang dihadapi satuan pendidikan dalam realisasi Kurikulum Merdeka Belajar yang telah dilakukan selama ini.

"Memang setiap kurikulum itu ada kelebihan dan kekurangan, tetapi setiap kurikulum yang diterapkan sudah melalui analisis dari kurikulum sebelumnya. Termasuk pula karena kebutuhan zaman," pungkasnya.