diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

MTQ XXIX JAWA TIMUR DI PAMEKASAN RESMI DIBUKA

Kamis, 04 November 2021  767  

Pemkab Pamekasan- Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur an (MTQ) ke XXIX tingkat Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Pamekasan, Madura, telah resmi dibuka, Rabu (3/11/2021) malam.

Pembukaan event bergensi yang bertempat di gedung Bakowil Pamekasan itu dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Baddrut Tamam, Plh Sekda Provinsi Jawa Timur, dan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur an (LPTQ) Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, pelaksanaan MTQ di Kabupaten Pamekasan menjadi spirit mengantarkan Jatim Bangkit dengan cara mencari bibit berpotensi di bidang tilawah agar mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional.

"Spirit untuk menjadikan MTQ ini menjadi bagian dari dorongan yang kuat untuk membangun semangat dan produktifitas bagi Jawa Timur," ungkapnya.

Menurutnya, adanya pelaksanaan MTQ ini Pamekasan akan menjadi Mekkah dan Madinah kecil dengan lantunan ayat ayat suci dalam satu satu minggu ke depan.

"Menurut saya, performence pembukaan yang ditunjukkan Pamekasan sungguh luar biasa," katanya.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam menyampaikan selamat datang kepada seluruh tamu undangan, dan kafilah yang datang dari 37 kabupaten/kota di Jawa Timur untuk mengikuti MTQ ke XXIX tahun 2021.

"Kabupaten ini sedang berikhtiar luar biasa untuk menjadi kabupaten yang bersaing dengan kabupaten lain di Indonesia," tandasnya.

Menurutnya, tema MTQ XXIX tahun 2021 Jawa Timur memiliki makna yang luas, bangkit dari pandemi, bangkit dari resesi ekonomi, bangkit dari degradasi moral, dan bangkit dari sektor lain yang membuat kondisi dan situasi tidak nyaman.

"Dalam konteks ini, qur an dengan sekian nilai yang dimiliki itu kita terjemahkan, berarti MTQ ini harus protokol kesehatan yang benar untuk bisa bangkit dari pandemi, benar penanganan dan pelaksanaannya, bangkit ekonomi dan bangkit membangun atmosfer qur ani dalam kehidupan sehari hari," harapnya.