diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

TIGA SYARAT PERTANIAN MAJU VERSI BUPATI PAMEKASAN

Kamis, 02 Desember 2021  720  

Pemkab Pamekasan- Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam memaparkan berbagai program yang berpihak langsung kepada masyarakat tidak mampu. Termasuk program di sektor pertanian yang orientasinya untuk kemajuan pertanian di daerahnya.

Menurutnya, ada tiga item sektor pertanian yang menjadi perhatian serius Pemkab Pamekasan dalam meningkatkan ekonomi petani. Tiga item tersebut menjadi syarat utama pertanian bisa maju di bumi Gerbang Salam.

"Ada tiga syarat sektor pertanian maju, pertama gratis mengolah sawah, kedua bantu bibit, dan yang ketiga bantu pupuk. Tiga item ini dibuat gratis, kenapa digratiskan? Karena kalau pupuknya gratis, garap sawahnya gratis, bibitnya gratis, maka padi yang dihasilkan akan menjadi penuh milik petani," ungkapnya, Rabu (1/12/2021).

Pihaknya telah memiliki program hand tracktor on call untuk meminimalisir biaya produksi petani. Utamanya, petani dengan ekonomi di bawah rata-rata. Karena melalui program itu, petani akan mendapat fasilitasi garap sawah gratis, bantuan bibit gratis, hingga bantuan pupuk gratis dari pemerintah.

Program tersebut untuk sementara fokus di tiga kecamatan. Meliputi Kecamatan Waru, Pakong, dan Kecamatan Pademawu lantaran anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tidak mampu mengakomodir 13 kecamatan yang ada.

"Tiga sektor ini menjadi indikator utama kita di sektor pertanian, maka kemudian kita buat program hand trackto on call. Ada stiker yang nanti ditempel di rumah orang tidak mampu, masyarakat yang butuh layanan ini cukup telpon," tandasnya.

Bupati yang masuk bursa layak memimpin Jawa Timur ini menegaskan, segala program yang dirancang bersama untuk kemaslahatan masyarakat. Termasuk program hand tracktor on call yang baru diresmikan di Desa Sana Laok Kecamatan Waru, Selasa tanggal 30 November 2021 kemarin.

Menurutnya, sebagaian besar masyarakat Pamekasan berprofesi sebagai petani, maka program itu dipastikan bisa dirasakan langsung oleh petani yang kurang mampu guna mengurangi beban biaya pertanian mereka.

Pihaknya berkomitmen memberikan yang terbaik untuk masyarakat Pamekasan melalui program yang berpihak kepada masyarakat. Karena Pamekasan harus bergeser dari kabupaten biasa menjadi kabupaten yang luar biasa.

"Semoga pertanian masyarakat kita lancar, ekonomi mereka bangkit, karena kalau ekonomi desa makmur, maka Pamekasan akan hebat," pungkasnya.