diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Bupati Pamekasan Terima Penghargaan Pocadi dari Perpustakaan Nasional RI

Minggu, 17 April 2022  513  

Pemkab Pamekasan- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur kembali meraih penghargaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kategori Pojok Baca Digital (Pocadi) di Gedung Negara Grahadi, sabtu (17/4/2022).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional Repuplik Indonesia kepada Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam. Momen bersejarah itu disaksikan langsung Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa.

Raihan membanggakan itu tidak lepas dari kerja keras dan inovasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pamekasan dalam mempermudah pembaca mengakses sumber bacaan untuk mendorong cita-cita Bupati Baddrut Tamam sebagai kabupaten literasi tahun 2022.

"Terima kasih kepada Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atas penghargaan pojok baca digital untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pamekasan. Terima kasih kepada Ibu Gubernur atas bimbingan dan arahannya," kata Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam usai acara.

Bupati dengan sederet prestasi itu berharap, adanya pojok baca digital mampu meningkatkan gerakan literasi masyarakat Pamekasan untuk membangun peradaban berkemajuan dan berkebaruan.

"Pojok baca digital ini diharapkan semakin meningkatkan semangat gerakan literasi di Pamekasan. Perpustakaan adalah gudang ilmu dan peradaban, sedang membaca adalah satu-satunya cara untuk memasuki dan memahami peradaban itu," tandasnya.

Bupati yang akrab disapa Mas Tamam tersebut menyampaikan, membaca akan membuka cakrawala berpikir seseorang, mendapat ilmu pengetahuan baru, serta mengubah pradigma konvensional menuju pradigma yang lebih produktif.

"Betapa pentingnya membaca buku hingga Joseph Brodsky berkata ada kejahatan yang lebih kejam dari pada membakar buku, salah satunya tidak membacanya," pungkasnya.

Penganugerahan dengan tema "Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Untuk Kesejahteraan" tersebut dihadiri oleh Bupati Trenggalek, Bupati Gresik, Bupati Jember, Bupati Tuban, Bupati Probolinggo, Bupati Lamongan, Bupati Sampang, Bupati Nganjuk, Bupati Madiun, Wali Kota Batu, Wali Kota Mojokerto, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, dan Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur.

"Mudah-mudahan pengharaan ini menjadi pelecut bagi kami untuk bekerja lebih baik lagi," ujar Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pamekasan, Prama Jaya.