kominfo@pamekasankab.go.id

Jl Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Madura, Indonesia

+62 324 322 868

Detail Berita

Aplikasi E-Lorong, Memrmudah Masyarakat Laporkan Jalan Rusak

Pamekasan, RALITA: Masyarakat Pamekasan sekarang tidak perlu repot lagi, untuk melaporkan kerusakan jalan di wilayahnya. Sebab, Pemkab Pamekasan, sudah menyiapkan aplikasi khusus, untuk memberikan kemudahan laporan jalan rusak.

Ya… namanya E-Lorong atau elektronik lorong. Kata lorong diambil dari bahasa Madura, yang artinya jalan. Aplikasi e-lorong tersebut, masuk dalam satu paket aplikasi Pamekasan smart, yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Pamekasan.

Dalam aplikasi Pamekasan smart tersebut, hampir semua pelayanan fundamental masyarakat ada. Setidaknya, ada 12 pelayanan yang tersedia, dalam Pamekasan smart. Diantaranya, Bidang kesehatan, Bidang Pendidikan, Fasilitas umum, layanan umum, wisata, restoran, penginapan, Potensi daerah, darurat, hingga E-lapak.

Bupati Baddrut saat melakulan demo, penanganan Jalan rusak di Pamekasan.

Dari beberapa aplikasi tersebut, terdapat sub sistem aplikasi. Misalnya, di sub sistem layanan umum, yang memiliki aplikasi e-madul, atau layanan yang bergerak untuk menyampaikan aspirasi kepada Bupati Pamekasan secara umum. Termasuk pula E-lorong.

Khusus E-lorong, masyarakat cukup memfoto kerusakan jalan raya. Lalu, meng-uploud foto kerusakan jalan, yang disertai dengan alamat lengkap jalan yang dilaporkan tersebut. Selanjutnya, operator Dinas terkait, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, akan menerima laporan tersebut, dan mencetak laporan masyarakat yang berupa foto tersebut. Dalam laporan tersebut, tim operator akan mengetahui titik koordinat lokasi pelaporan.

Setelah mencetak foto laporan dari masyarakat, operator akan menindaklanjuti kepada pimpinan OPD, untuk mendapatkan disposisi. Setelah disposisi, tim dari Dinas PUPR, melakukan pengecakan atau survei lapangan terhadap lokasi jalan yang rusak tersebut. Selanjutnya, melakukan pengukuran terhadap lokasi jalan yang rusak tersebut. Baru menganalisa kebutuhan anggaran dan terakhir melakukan perbaikan terhadap jalan yang rusak tersebut.

Demikian pula pada sub aplikasi Bidang Pendidikan. Melalui aplikasi itu, sekolah yang ada di Pamekasan, akan terdekteksi lokasinya dimana?, kondisi gedungnya seperti apa?,termasuk jumlah muridnya berapa?. Dalam aplikasi tersebut, juga akan mempermudah pengunjung diluar Pamekasan yang akan menikmati tempat wisata di Pamekasan. Dalam aplikasi itu, pengunjung diluar Pamekasan, akan mengetahui lokasi tempat wisata,jarak tempuh hingga fasilitas yang ditawarkan. Termasuk pula lokasi penginapan di Pamekasan.

Bagi yang membutuhkan rumah makan dan restoran, di aplikasi tersebut juga tersedia. Berikut menu dan harga yang ditawarkan, dimasing-masing restoran ataupun rumah makan tersebut.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan, aplikasi Pamekasan smart tersebut, bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Pamekasan, yang membutuhkan pelayanan dari Pemerintah.

“Kami ber-ikhtiyar untuk mempercepat pelayanan. E – lorong adalah bagian dari ikhtiyar pemerintah Kabupaten Pamekasan untuk mempercepat layanan perbaikan jalan untuk rakyat,”terangnya.

Baddrut menambahkan, bagi masyarakat yang akan megetahui pelayanan dalam aplikasi Pamekasan Smart. Baddrut meminta untuk dapatnya di akses play store di Handphone Androidnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Pamekasan Bahrun mengatakan, aplikasi Pamekasan Smart ini diluncurkan, semata-mata ingin mempermudah Masyarakat Pamekasan, mendapatkan Pelayanan. Termasuk pula mendukung kerja Bupati Pamekasan, yang akan menjadikan Pamekasan Hebat. Rajjah, Bajrah tor Parjhugeh.(afa).

sumber :http://radioralitafm.com/2019/02/17/aplikasi-e-lorong-permudah-masyarakat-laporkan-jalan-rusak/