diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Wabup Pamekasan Minta RSUD Waru Miliki Brand Khsusus

Jumat, 06 Januari 2023  429  

Pemkab Pamekasan- Wakil Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Fattah Jasin meminta rumah sakit umum daerah (RSUD) Waru di Kecamatan Waru dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat atau pengunjung.

Menurutnya, rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan tersebut harus memiliki brand khusus guna meningkatkan jumlah pengunjung. Top off mind yang tertanam di pikiran masyarakat tentang RSUD Waru harus positif, tentunya dengan kolaborasi, soliditas dan pelayanan yang baik.

"Rumah sakit ini harus punya brand, seperti RSUD Smart (Slamet Martodirdjo Pamekasan) itu punya brand. Misalnya pelayanan bagus, cepat, terus RSUD Waru apa? Supaya orang mau datang ke sini," katanya saat mengunjungi RSUD Waru, rabu (4/1/2023).

Menurutnya, pelayanan RSUD Waru harus senyum dan ramah, tidak menunjukkan sikap yang tidak baik kepada pasien. Mengingat, potensi kunjungan rumah sakit yang ada di wilayah pantura tersebut sangat tinggi, potensi tersebut wajib diimbangi dengan pelayanan yang baik pula.

"RSUD Waru ini bisa jadi nanti melebihi RSUD Smart, karena secara psikologis pasien itu merasa sembuh apabila datang ke rumah sakit dengan pelayanan yang senyum dan ramah. Jangan sewot lho ya ketika menerima pasien," pintanya.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur ini menegaskan, RSUD Waru yang berstatus badan layanan umum daerah (BLUD) memiliki kewengan khusus untuk berinovasi dan pengelolaanya, tanpa harus menunggu suntikan dana dari pemerintah daerah.

"BLUD ini sudah diatur oleh peraturan, termasuk peraturan daerah. Silahkan ambil sendiri, cari sendiri. Jangan minta terus, BLUD ini top," tegasnya.

Rumah sakit sebagai industri kesehatan harus memiliki alat kesehatan yang berkualitas, sumber daya manusia (SDM) berkualitas, ditambah pelayanan yang baik. Sehingga, masyarakat merasa aman dan nyaman apabila berobat di rumah sakit tersebut.

"Ayo kita harus merasa memiliki terhadap rumah sakit ini, pemerintah daerah sudah bersusah payah membangun RSUD Waru ini. Maka dengan sistem BLUD ini harus banyak bermitra dengan siapapun," pungkasnya.