diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Hadiri Pelantikan Pengawas Pemilu, Wabup Pamekasan Minta Bekerja Sesuai Amanah UU

Senin, 06 Februari 2023  447  

Pemkab Pamekasan- Wakil Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Fattah Jasin menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan serta pembekalan pengawas pemilu kelurahan/desa se Kabupaten Pamekasan di Ballroom Odaita Hotel, senin (6/2/2023).

Dalam kesempatan itu, orang nomor dua di bumi gerbang salam itu meminta pengawas pemilu dapat melaksanakan tugas dan amanahnya dengan baik deni menjaga kualitas hasil pemilihan umum serentak pada tahun 2024. Baik pemilihan kepala daerah, pemilihan legislatif, dan pemilihan presiden.

"Kita harus menjamin KPU sebagai penyelenggara pemilu dan Bawaslu sebagai pengawas berjalan sesuai dengan tracknya sebagaimana diatur dalam undang-undang. Makanya, untuk mengetahui pemilu itu berjalan sesuai dengan harapan kita, yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," katanya saat memberikan sambutan pada acara tersebut.

Dikatakan, pihaknya akan menfasilitasi segala hal yang dibutuhkan oleh penyelenggara pemilu demi suksesnya pesta demokrasi tersebut. Karena fasilitas itu mempunyai pengaruh besar terhadap lancarnya pelaksanaan pemilu.

Pemilu yang terlaksana dengan baik akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat, baik pemilihan presiden, pemilihan legislatif, atau pemilihan kepala daerah. Tentu, pengawas pemilu di tataran desa, kecamatan, dan kabupaten memiliki peran besar dalam menghasilkan pemilihan umum yang berkualitas tersebut.

"Di pundak kita lah akan menghasilkan pemimpin di republik ini dengan melaksanakan tugas secara jujur dan adil dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu. Insyaallah Indonesia dan Pamekasan secara umum akan lebih makmur," tandasnya.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur ini menyampaikan selamat dan sukses atas terselenggaranya pelantikan pengawas pemilu kelurahan/desa oleh badan pengawas pemilu (bawaslu) Kabupaten Pamekasan. Harapnya, petugas yang dilantik dapat melaksanaan tugas sesuai dengan amanah undang-undang.

"Semoga bisa melaksanakan amanah negara dengan baik, jangan berpikir karena kita petugas di tingkat kelurahan atau desa, ini adalah amanah dan memiliki kekuatan strategis karena sudah diatur dalam undang-undang," tandasnya.

Dia memungkasi, tugas yang diemban oleh pengawas pemilu sangat bermanfaat untuk keberlangsungan berbangsa dan berngara. Sehingga, tugas mulai itu bernilai ibadah di sisi Allah SWT.

"Pemkab Pamekasan dalam hal ini bapak bupati siap menfasilitasi segala sesuatu untuk suksesnya pemilu," pungkasnya.