diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Momen Kedekatan Bupati Pamekasan dengan KH. Marzuqi Mustamar, Jadi Penerjemah Bahasa Madura

Kamis, 23 Februari 2023  276  

Pemkab Pamekasan- Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam menghadiri acara peringatan hari lahir (harlah) satu abad Nahdlatul Ulama (NU) yang dilaksanakan oleh majelis wakil cabang nahdlatul ulama (MWCNU) Kecamatan Kadur, kamis (23/2/2023).

Orang nomor satu di di Kabupaten Pamekasan itu datang ke lokasi bersama forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), diantaranya Kapolres Pamekasan, AKBP Satria Permana, Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Inf. Ubaidillah, dan Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Pamekasan, Ardian Junaedi.

Pantauan di lokasi, bupati murah senyum ini duduk bersebelahan dengan Ketua PWNU Jawa Timur, Dr. KH. Marzuqi Mustamar sebagai penceramah dalam acara yang berlangsung di lapangan depan Puskesmas Kadur tersebut. Tampak keakraban antara Bupati Baddrut Tamam dengan Pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Rosyad, Kota Malang tersebut selama berada di atas panggung.

Sesekali, KH Marzuqi Mustamar terlihat bertanya kepada sang bupati tentang bahasa Madura dalam isi ceramahnya agar para jemaah yang hadir mengerti pesan yang disampaikannya.

"Ayo kita doakan semoga Kabupaten Pamekasan ini aman dan damai," ujar Dr. KH. Marzuqi Mustamar mengawali ceramahnya.

Ceramah agama yang disampaikan KH. Marzuqi Mustamar terkadang membuat para pejabat, para kyai, tokoh masyarakat, serta jemaah yang hadir dibuat tertawa lantaran isi ceramahnya yang edukatif diselingi dengan guyonan-guyonan ringan.

Mantan Ketua Tanfizdiyah Kota Malang dua periode ini mengajak para jemaah agar tidak meninggalkan solat sebagai perintah wajib dari Allah SWT. Karena tidak ada alasan yang dapat dibenarkan dalam agama Islam untuk meninggalkan solat, berbeda dengan ibadah-ibadah lainnya, seperti puasa, haji, zakat.

"Kalau ibadah puasa karena alasan sakit boleh meninggalkannya, zakat karena orang miskin tidak wajib, ibadah haji kalau tidak punya ongkos tidak wajib. Tetapi kalau solat tidak ada alasan apapun," jelasnya.

Selain itu, tambah KH. Marzuqi, solat juga dapat mempertebal iman serta mempermudah segala urusan seseorang, termasuk soal rezeki. Oleh karena itu, apabila seseorang ingin hajatnya dikabulkan dan imannya tidak mudah goyah, kuncinya rajin solat dan tidak meninggalkannya dalam situasi dan kondisi apapun.

"Makanya benar dalam hadis itu, amal ibadah yang apabila ditinggalkan jadi kafir tidak ada, kecuali solat. Jaga solat, insyaallah dijaga imannya oleh Allah SWT," pesan kyai yang memiliki ciri khas gaya bicara tegas dan lugas tersebut.