diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Bupati Pamekasan Apresiasi Desa Inovatif di Kecamatan Pakong

Senin, 03 April 2023  418  

Pemkab Pamekasan- Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam mengapresiasi kinerja pemerintah desa (pemkab) yang mau berinovasi untuk mengembangkan desanya menjadi desa mandiri.

Hal itu disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Pamekasan saat acara safari ramadhan di Kantor Kecamatan Pakong bersama kepala desa, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, minggu (2/3/2023) sore.

Dia menyampaikan terima kasih kepada dua desa di Kecamatan Pakong yang melakukan terobosan baru untuk meningkatkan kesejahteraan warganya, yaitu Desa Bicorong dan Desa Klompang Barat. Dua desa tersebut mengembangkan potensi desa menjadi sumber kekuatan ekonomi baru.

"Mudah-mudahan semua rencana dan ikhtiar dari seluruh yang kita laksanakan, Kepala Desa Bicorong merencanakan gas dan sudah mulai jalan, Kepala Desa Klompang Barat pasar hewan dan inovasi lain yang dilakukan oleh pak kepala desa berjalan lancar," kata Bupati Baddrut Tamam saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Camat Pakong, Eka Judya Setiawan menyampaikan, beberapa desa di daerahnya telah melakukan inovasi sesuai dengan keinginan pemerintah kabupaten (pemkab). Seperti Desa Klompang Barat, Desa Bicorong, dan beberapa desa lainnya. Untuk pasar hewan yang ada di Desa Klompang Barat nantinya akan dikelola oleh badan usaha milik desa (BUMDes).

"Pasar hewan di Desa Klompang Barat alhamdulillah progresnya saat ini telah mencapai bangunan kantor BUMDes, yang nanti akan menjadi tempat layanan tiket karcis," tutur dia.

Sementara pemerintah desa Bicorong melakukan inovasi dengan mengelola limbah menjadi biogas yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kepentingan memasak dan lain-lain. Sehinggga dapat meringankan biaya hidup masyarakat.

"Kemudian program yang dicapai oleh Desa Bicorong ini adalah sebuah inovasi memanfaatkan limbah tahu dikelola menjadi biogas yang insyaallah nantinya akan dikelola oleh BUMDes juga," tandasnya.

Bupati Pamekasan, Baddrut Taman kembali menyampaikan terima kasih atas partisipasi pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat secara umum yang telah turut serta mensukseskan program pemerintah kabupaten. Mulai pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur, dan reformasi birokrasi.

Di bidang pendidikan ada program beasiswa santri, kedoktoran dan lain lain, sementara di bidang kesehatan masyarakat telah dijamin kesehatan dengan pengobatan gratis, serta program lainnya, termasuk juga di bidang kesehatan melalui program sepuluh ribu pengusaha baru, demikian juga di bidang infrastruktur dan reformasi birokrasi telah berjalan sesuai harapan.

"Mohon maaf apabila ada yang kurang maksimal, kalau ada yang maksimal ayo disyukuri," pungkasnya.