diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Disperindag Pamekasan Relokasi Pedagang Pasar Kolpajung Secara Bertahap

Jumat, 28 April 2023  531  

Pemkab Pamekasan- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan, Madura, Jawa Timur merelokasi pedagang pasar tradisional Kolpajung secara bertahap sejak kamis 27 april 2023.

Relokasi pasar ke tempat penampungan sementara di lapangan Kowel Kelurahan Kowel tersebut lantaran tahapan pembangunan pasar dengan konsep green building itu akan segera dimulai oleh pemenang tender.

"Ada 1213 pedagang akan direlokasi ke lapangan Kowel yang dimulai sejak tanggal 27 april kemarin. Untuk 27-28 April yang dipindah mulai dari konveksi, tanggal 29 april konveksi dan sepeda, 30 april sampai 1 Mei meracang, 2 Mei pecah belah, mamin, elektronik, selip, dan ikan laut, 3 Mei pedagang daging," terang Plt. Kepala Disperindag Pamekasan, Basri Yulianto, jum'at (28/4/2023).

Dikatakan, pihaknya menfasilitasi pedagang dengan menyiapkan 13 armada pikap secara gratis yang melibatkan beberapa instansi terkait. Mulai personil dinas perhubungan, satuan polisi pamong praja (satpol PP), TNI, Polri, dan tim dari disperindag. Hal itu untuk mempermudah pedagang selama proses relokasi.

"Setiap hari melibatkan 86 personil baik staf disperindag, TNI/POLRI, Dishub, Satpol PP, termasuk tenaga angkut. Untuk pembongkaran pasar nanti setelah proses relokasi selesai," tandasnya.

Menurutnya, para pedagang tidak bingung mencari tempat lagi setelah tiba di tempat penampungan sementara, sebab sebelumnya telah mendapatkan nomor undian yang dilakukan secara transparan guna menghindari kecemburuan antar pedagang.

"Untuk menghindari tumpang tindih nomor, para pedang diberikan kartu ber barcode berbasis NIK. Zonasi berdasarkan cluster, sesuai dengan jenis dagangan (tidak campur aduk)," ungkapnya.

Basri menyampaikan, sebagian besar pedagang menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Pamekasan lantaran mendapat fasilitasi selama proses relokasi hingga tempat penampungan yang layak. Bahkan, tidak sedikit pula diantara mereka secara suka rela memindahkan dagangannya sendiri tanpa menunggu fasilitas dari pemerintah.

"Alhamdulillah, semua pedagang menerima dan menyampaikan terimakasih telah difasilitasi oleh Pemkab Pamekasan," pungkasnya.