diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Dinkes Pamekasan Himbau Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat

Selasa, 09 Mei 2023  247  

Pemkab Pamekasan- Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Madura, Jawa Timur menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat di tengah merebaknya covid-19 varian arcturus di beberapa negara.

Kepala Dinkes Pamekasan, dr. Saifuddin memastikan belum ada temuan baru yang terpapar covid-19 varian tersebut di daerahnya. Namun, masyarakat tetap harus waspada dengan menjaga imun tubuh dan pola hidup sehat.

"Alhamdulillah, sampai saat ini masih belum ada temuan, sudah hampir 6 bulan nol kasus di Pamekasan. Gejalahnya secara umum tidak jauh beda dengan varian sebelumnya," katanya, senin (8/5/2023).

Dia menambahkan, world health organization (WHO) atau organisasi kesehatan dunia sebenarnya telah lama mencabut darurat covid-19. Oleh karenanya masyarakat tidak perlu panik, tetapi harus tetap menjaga pola hidup sehat. Karena kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting.

"Kami tetap minta kepada masyarakat Pamekasan untuk tetap menerapkan pola hidup sehat, meskipun WHO secara resmi mencabut darurat Covid-19," tandasnya.

Adapun gejala covid-19 varian arcturus diantaranya mata merah, gejala peradangan pada selaput yang melapisi permukaan bola mata dan kelopak mata bagian dalam. Kemudian belekan, kumpulan minyak, cairan, dan kotoran pada mata yang mirip lendir.

Selain itu, gejala berikutnya adalah batuk, demam, sakit tenggorokan, nyeri persendian, dan nafsu makan menurun. Dengan demikian, masyarakat yang memiliki daya tahan tubuh kuat, tidak akan mudah terjangkit covid-19 varian tersebut.