diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

KEMENTERIAN KOMINFO RI, BERI PERHATIAN KEPADA PEMKAB PAMEKASAN PADA PENYUSUNAN MASTERPLAN SMART CITY

Selasa, 04 Juli 2023  223  

Pemkab Pamekasan - Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Kominfo RI, dua hari ini fokus di Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur. Ini sehubungan Kabupaten Pamekasan terpilih menjadi 1 diantara 50 kabupaten/kota yang layak masuk dalam gerakan 100 Smart City.
Melalui Bimbingan Teknis Masterplan Kota Cerdas (Smart City) & Quick Win Program Unggulan tahap 1 Kementerian Kominfo RI dan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, kumpulkan 39 Operator di Seluruh OPD dan Kecamatan.
Dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pamekasan melalui Staf Ahli Moh Alwi S.Sos,.M.Si, yang dihadiri oleh Plt Kadiskominfo Supriyanto, Kepala Dinas Kominfo Definitif Nur Hidajatul Firdaus serta para operator di lingkungan Pemkab Pamekasan.
“Alwi mengatakan Kerjasama bimtek ini adalah sebagai bentuk fasilitasi Kementerian Kominfo ke Kabupaten Pamekasan untuk dapat mewujudkan gerakan 100 Smart City indonesia, dimana dari 178 Kab/Kota se-Indonesia yang sudah diasistensi di tahun 2022," katanya saat sambutan dalam acara Bimtek Masterplan Kota Cerdas (Smart City) & Quick Win Program Unggulan tahap 1, Senin (3/7/2023).
Alwi juga menekankan bahwa kepada peserta bimtek untuk benar benar diikuti dengan serius dan betul betul disimak, karena nantinya akan sangat membantu pelaksanaan tugas dan pekerjaan bapak/ ibu di masing masing OPD dan juga akan meningkatkan daya tawar Pemerintah Kabupaten Pamekasan yang secara pelan namun pasti akan mengarah kepada pelaksanaan penyusunan Masterplan Smart City untuk kepentingan masyarakat terlayani dengan baik dan akselerasi yang bisa dibanggakan memenuhi semua kebutuhan masyarakat luas.
"Sementara itu Staf Ahli dari Kementerian Kominfo Hari Kusdaryanto (Pembimbing - Tenaga Ahli, Citiasia) selaku narasumber selama dua hari senin-selasa 3-4 Juli 2023 lebih banyak memberikan materi dan studi empiris beberapa kota yang telah lebih dulu siap menerapkan smart city, tentu dengan berbagai kendala dan tantangan yang ada, seperti, Surabaya, Malang, Bojonegoro, Kota bandung dan kota lainya," tegasnya.
Kegiatan bimbingan teknis penyusunan Mastreplan Kota cerdas (Smart city) dan Quick Win program unggulan tahap I ini berlangsung selama dua (2) hari dari senin sampai dengan selasa 3 dan 4 juli 2023, yang diikuti oleh 39 operator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan.

 

Kabupaten Pamekasan masuk dalam gerakan 100 Smart City Indonesia, dimana dari 178 kab/kota se-Indonesia yang sudah diasistensi di tahun 2022, melalui proses assesmen Kabupaten Pamekasan terpilih menjadi 1 diantara 50 kab/ kota yng layak utk masuk dalam gerakan 100 smart city ini.
Bimtek dilaksanakan 4x dalam 4 bulan berturut turut hingga buan Oktober nanti dengan dibantu oleh tenaga ahli dari kementerian kominfo, dengan output Masterplan Smart City Pamekasan.(red:this)