diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Istighosah HUT RI ke 78 di Rumah Dinas, Bupati Pamekasan Lanjut Renungan Suci di Makam Pahlawan

Jumat, 18 Agustus 2023  126  

Pemkab Pamekasan- Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam menggelar tasyakuran dalam rangka hari ulang tahun (HUT) RI ke 78 di Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Rabu (16/8/2023) malam.

Tasyakuran yang dikemas dengan istighosah dan doa bersama itu digelar secara lesehan bersama seluruh pejabat dan masyarakat Pamekasan guna memohon pertolongan kepada Allah Swt untuk keselamatan bangsa dan negara.

Tepat pukul 23.00, Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam bersama forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), dan jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Pamekasan bergeser ke makam pahlawan yang berlokasi di Jalan Panglegur.

Di lokasi tersebut, Bupati bersama rombongan menggelar upacara apel kehormatan dan renungan suci untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur di medan perang demi memerdekakan Indonesia dari tangan penjajah.

Orang nomor satu di kota batik itu mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersyukur atas kemerdekaan Indonesia yang diraih para pahlawan. Syukur itu diimplementasikan dengan melakukam kegiatan yang positif untuk mendorong kemajuan bangsa Indonesia.

"Kalau dulu para pahlawan bangsa ini antara hidup dan mati, antara makan dan tidak makan. Tetapi kita sekarang bukan lagi begitu, tetapi antara berkontribusi kepada bangsa dan negara atau tidak," ujar bupati yang kerap dipanggil Mas Tamam tersebut.

Menurutnya, Indonesia merdeka hasil kerja keras para pahlawan yang telah mempertaruhkan harta dan nyawa untuk mengusir penjajah dari Indonesia yang telah ratusan tahun menghisap kekayaan alam bumi pertiwi. Semangat juang yang tertanam di hati para pahlawan adalah masa depan bangsa.

"Oleh karena itu, dosa rasanya kita kalau tidak bisa berkontribusi kepada negara, kita harus berkomitmen untuk kemajuan Indonesia sesuai dengan posisi kita masing-masing," pungkasnya.