diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Pemkab Pamekasan Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Sabtu, 01 Juni 2024  647  

Pemkab Pamekasan- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Nagara Bhakti Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Sabtu (1/6/2024).

Upacara tersebut diikuti jajaran personil TNI, Polri, Satpol PP, personil Dinas Perhubungan (Dishub), perwakilan mahasiswa, siswa, dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Pamekasan.

Penjabat Bupati Pamekasan Masrukin bertindak sebagai inspektur dalam upacara tersebut, dan Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf. Herik Prasetiawan sebagai cadangan.

Pj Bupati Pamekasan Masrukin dalam upacara itu menyampaikan, Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni itu merupakan peringatan hari ketika Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

"Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklusifitas, toleransi, dan gotong royong," kata Pj Bupati Pamekasan saat membacakan pidato tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI Yudian Wahyudi.

Dalam pidatonya itu mengajak para komponen bangsa merealisasikan Pancasila dengan metode dan cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum millenial dan gen Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa Indonesia.

"Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Lebih-lebih di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik," tandasnya.

Dia juga mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk bergotong royong, merawat anugerah Pancasila. Salah satunya dengan cara memperingati Hari Lahir Pancasila, menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai bentuk implementasi dari pengamalan Pancasila.

"Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonedia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia," pungkasnya.