diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

PEMKAB PAMEKASAN DAN IAIN MADURA TEKEN MOU PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

Selasa, 22 Maret 2022  603  

Pemkab Pamekasan- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur secara resmi menjalin kerja sama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura tentang peningkatan kualitas pendidikan, senin (21/3/2022).

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dan Rektor IAIN Madura, Dr. Mohammad Kosim di Peringgitan Dalam Rumah Dinas Bupati. Hadir pula dalam kegiatan itu pembantu rektor, dekan fakultas, dan beberapa pejabat penting lainnya dari IAIN Madura.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam menyampaikan, kerja sama antara pemkab dengan IAIN Madura perihal peningkatan kualitas pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan sarana prasarana di Kabupaten Pamekasan.

Menurutnya, perguruan tinggi memiliki tugas besar menyiapkan generasi mapan di masa yang akan datang untuk kemajuan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI). Karena masa depan bangsa Indonesia akan ditentukan oleh kualitas pendidikan saat ini.

Bupati dengan sederet prestasi ini juga menyampaikan, perguruan tinggi harus mampu merespon perkembangan zaman dengan menyiapkan generasi yang cakap, tangguh, serta respon atas segala fenomena perubahan yang terjadi.

"Perguruan tinggi harus responsif dalam memerankan fungsinya guna menghasilkan sumber daya manusia yang adaptif terhadap kebutuhan, tuntutan, dan tren yang terjadi pada dunia nyata," ungkapnya.

Bupati menambahkan, era industri 4.0 menuntut perguruan tinggi berperan maksimal agar out put yang dikeluarkan tidak gagap menerima kenyataan hidup yang serba cepat, termasuk dalam dunia usaha yang akan dikendalikan oleh ecomerce. Sebab, apabila generasi itu tidak siap menerima kenyataan tersebut dipastikan tergilas dengan sendirinya.

"Terutama tuntutan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), sehingga mampu menghasilkan SDM yang adaptif, kompetitif, unggul dan berkarakter yang sesuai dengan tuntutan kompetensi abad ke-22," jelasnya.

Dia berharap, kerja sama dengan perguruan tinggi besar di Madura itu mampu meningkatkan kualitas pendidikan untuk kemajuan Pamekasan di masa yang akan datang sesuai dengan komitmen pemkab dalam meningkatkan SDM anak-anak muda melalui beberapa program nyata. Diantaranya, beasiswa kedokteran, beasiswa santri, fasilitasi sekolah kedinasan, dan lain-lain.