diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Arumi Bachsin Apresiasi Road Show Gebyar Batik Pamekasan 2022

Rabu, 23 Maret 2022  322  

Pemkab Pamekasan- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin mengapresiasi pagelaran road show Gebyar Batik Pamekasan, Madura yang dilaksanakan di Jawa dan Bali selama tahun 2022.

Istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak tersebut mengatakan, langkah Pemkab Pamekasan melaksanakan road show gebyar batik merupakan sesuatu yang visioner dalam mengembangkan batik tulis sebagai kekayaan budaya bangsa Indonesia.

"Saya sangat mengapresiasi, saya rasa ini visioner sekali, ada road show batik Pamekasan Jawa-Bali, ini salah satu ikhtiar pemasaran, pengenalan, awareness terhadap Kabupaten Pamekasan dan juga budayanya," kata Arumi saat memberikan sambutannya dalam acara road show gebyar batik Pamekasan di Pendopo Krido Manuggal Kabupaten Tuban, Minggu (20/3/2022) malam.

Menurutnya, konsep gebyar batik Pamekasan tahun 2022 sangat unik dan dapat menarik perhatian publik. Apalagi Pamekasan memiliki pasar batik luas, tidak hanya se Asia Tenggara, melainkan pasar batik terbesar di dunia.

"Karena batik itu hanya milik Indonesia, kalau sudah terbesar di Asia Tenggara, berarti sudah terbesar di dunia. Jadi, bagi ibu-ibu sangat disarankan untuk pergi ke pasar batik Pamekasan, di sana ibu juga bisa pesan motif batiknya seperti apa," tandasnya.

Dia menambahkan, era industri kreatif seperti sekarang tidak ada rumus lain kecuali kolaborasi antar pemerintah daerah dalam meningkatkan ekonomi masyarakatnya melalui beberapa acara dan kegiatan lain yang dapat mendorong kesejahteraan para pelaku ekonomi. Salah satunya seperti gebyar batik Pamekasan tersebut.

"Sekarang sudah eranya yang kita sebut dengan ekonomi kreatif, ekonomi kreatif ini dipenuhi oleh pelaku-pelaku kreatif yang luar biasa. Kita sudah dua tahun menghadapi pandemi, dan alhamdulillah 2022 ini ada secercah harapan, mudah-mudahan ini bukan PHP lagi," ungkapnya.

Arumi melanjutkan, gebyar batik Pamekasan merupakan salah satu pemacu ekonomi dari industri kreatif atau ekonomi kreatif yang harus segera dimulai sebelum pandemi benar-benar berakhir. Mengingat, masyarakat saat ini mulai bergairah kembali dalam bertransaksi di pasaran.

"Semangat terus, semoga kegiatan ini membawa manfaat untuk Kabupaten Pamekasan, dan Jawa Timur bangkit," pungkasnya.

Perlu diketahui, ada enam daerah yang menjadi jujukan gebyar batik Pamekasan selama tahun 2022, meliputi Malang, Tuban, Jember, Bromo, Bali, dan Kota Surabaya. Khusus Kabupaten Malang, dan Tuban acaranya telah terlaksana dengan sukses sesuai harapan.