diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Klinik Mantap Gagasan Disdikbud Pamekasan Dapat Apresiasi Positif

Senin, 05 September 2022  440  

Pemkab Pamekasan- Pengelola lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur banyak memanfaatkan layanan klinik mantap gagasan dinas pendidikan dan kebudayaan (disdikbud) setempat.

Klinik Mantap merupakan program layanan konsultasi dan pendampingan pengajuan izin operasional untuk PAUD yang aman, tepat dan sigap. Hal itu dilakukan untuk memudahkan pihak lembaga dalam mengurus izin operasional sekolah, baik perpanjangan atau pengurusan izin baru.

Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasarana PAUD dan Non-Formal Disdikbud Pamekasan, Taufik Hidayat mengungkapkan, pihaknya mendapat banyak apresiasi dari lembaga PAUD terkait terobosan baru berupa layanan perizinan itu. Setiap hari dipastikan ada lembaga yang memanfaatkan program layanan tersebut.

"Peminatnya bagus, setiap hari ada. Tidak pasti, kadang kalau banyak sampai lima atau sampai enam (lembaga,red), karena ini kan izin. Kadang juga dua atau tiga," katanya, senin (5/9/2022).

Taufik menambahkan, pihaknya akan melakukan sosialisasi lebih massif lagi kepada lembaga PAUD terkait layanan klinik mantap, mengingat lembaga yang telah memanfaatkan program itu mengaku sangat terbantu, tidak perlu bolak-balik dalam mengurus perizinan yang harus datang langsung kepada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker).

Menurutnya, rata-rata keterlambatan pengurusan izin operasional selama ini akibat lembaga tidak memahami alur penerbitan izin yang dilakukan melalui DPMPTSP Naker, serta beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) lain sesuai regulasi dan sistem online single submission (OSS).

Dia menambahkan, pihaknya menerima konsultasi serta pendampingan kepada pihak sekolah untuk memastikan kelengkapan syarat pengajuan izin agar sekolah tidak bolak-balik akibat persyarayan yang tidak lengkap dan lain-lain sebelum mengurus di mall pelayanan publik (MPP) yang berlokasi di Jalang Panglegur Pamekasan.

"Semoga program ini terus bermanfaat dan memudahkan lembaga pendidikan. Karena ini penting sekali untuk lembaga pendidikan di bawah," harapnya.