diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Diskominfo Pamekasan Segera Luncurkan Surat Menyurat Berbasis Elektronik

Selasa, 06 September 2022  749  

Pemkab Pamekasan- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur berencana untuk segera meluncurkan program tata naskah dinas elektronik (TNDE), penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE), dan pengenalan program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Kepala Diskominfo Pamekasan, Ir. Muhammad, MM menyampaikan, program itu untuk efektifitas administrasi organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah kabupaten (pemkab). Dampaknya, kinerja setiap OPD dapat meningkat dan berjalan efektif.

"Dengan adanya aplikasi TNDE, nantinya akan lebih irit dan praktis dalam pengurusan surat menyurat, karena tidak memakai kertas lagi dan tidak memerlukan jasa kurir untuk mengantar," ungkapnya, senin (5/9/2022).

Dia menambahkan, server dari program itu nantinya terpusat di instansinya, sementara setiap OPD akan diberi aplikasi tersebut. Untuk menunjang TNDE, pihaknya menyediakan menu tanda tangan elektronik yang telah bekerja sama dengan Badan Sandi dan Siber Nasional (BSSN).

"Pemkab Pamekasan, Diskominfo Pamekasan, dan BSSN telah melakukan memorandum off understansing (MoU) untuk mewujudkan program tersebut," tandasnya.

Dia berharap, setelah program tersebut resmi diluncurkan semua administrasi rapi, dan surat menyurat antar OPD lebih efektif dan efesien. Sehingga kerja cepat, kreatif, dan inovatif berjalan sesuai harapan Bupati Baddrut Tamam.

"Nanti kalau ada surat keluar atau surat masuk akan ada peringatan dalam aplikasi tersebut. Kami ingin proses pengurusan surat menyurat di sejumlah dinas tersusun lebih rapi dan tidak salah kirim," harapnya.