diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Pasanggar Pamekasan Diproyeksikan jadi Desa Wisata Buah

Sabtu, 15 Oktober 2022  694  

Pemkab Pamekasan- Sejumlah desa di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur berbondong-bondong menggali potensi desanya sebagai upaya menumbuhkan perekonomian masyarakat desa. Salah satunya Desa Pasanggar, Kecamatan Pegantenan.

Desa ini sekarang tengah mengembangkan tanaman buah melon dengan luas sekitar 2 hektar, dengan harapan tanaman melon tersebut nantinya menjadi sumber perekonomian warganya sebagaimana cita-cita Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam agar masing-masing desa memiliki tema.

Camat Pegantenan, Abdul Munif mengapresiasi upaya kelompok tani dalam mengembangkan tanaman melon tersebut. Budi daya tanaman melon yang berada di Dusun Sanggar II Desa Pasanggar itu nantinya akan diproyeksikan sebagai desa wisata petik melon atau desa wisata buah.

"Tergantung nanti eksis tidaknya dari desa, bagaimana desa itu mengembangkan nanti, bisa menjadi desa wisata petik melon," ungkapnya, jum'at (14/10/2022).

Menurutnya, tanaman melon dengan luas 2 hektar tersebut layak menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Pamekasan. Sehingga, perputaran uang di desa tidak hanya dari penjualan melon, melainkan kunjungan wisatawan, dan efek ekonomi lainnya.

"Nanti bisa dijadikan desa tematik, kalau sudah jadi desa tematik, nantinya akan ada bimbingan dari dinas terkait. Sehingga pengembangannya lebih maksimal," tandasnya.

Dia mengaku, pihaknya telah meminta pemerintah desa mengembangkan buah buahan lainnya agar menarik minat orang luar Desa Pasanggar untuk berkunjung. Sehingga, Desa Pasanggar benar-benar menjadi desa wisata buah yang dapat memanjakan pengunjung.

"Misalnya semangka, melon, atau buah apa saja, yang penting bisa membuat orang luar tertarik untuk berkunjung. Sementara tanaman buah yang sekarang berhasil, di Desa Pasanggar ini," pungkasnya.