diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Bertajuk Pamekasan Gemilang, Ini Rangkaian Event Hari Jadi Kabupaten Pamekasan ke 492

Selasa, 18 Oktober 2022  960  

Pemkab Pamekasan- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan memperingati hari jadi Pamekasan ke 492 dengan berbagai event besar yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Hari jadi Kabupaten Pamekasan ke 492 dengan tajuk 'Pamekasan Gemilang' tersebut merupakan wujud syukur pemerintah daerah atas perjalanan panjang Pamekasan dengan berbagai program yang dipersembahkan kepada masyarakat.

"Pada rangkaian hari jadi tahun ini kita mengambil tema Pamekasan Gemilang karena banyaknya prestasi dan inovasi yang dilakukan oleh pemkab, terutama bapak bupati dan bapak wakil bupati dari awal kepemimpinan sampai hari ini," terang Kabid Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan, R. Moh. Zahri, S.STP, M.Si, senin (17/10/2022).

Dikatakan, pihaknya akan menggelar sejumlah event untuk memeriahkan perayaan hari jadi tersebut, sebagian event itu telah selesai dilaksanakan, diantaranya festival bonsasi nasional yang digelar di lapangan Bakorwil Pamekasan pada tanggal 5 oktober dan pameran bonsasi nasional yang bertempat di lapangan Nagara Bhakti Mandhapa Aghung Ronggosukowati pada tanggal 09-15 oktober 2022.

Kemudian, pihaknya akan menggelar orasi kepemudaan pada tanggal 18-19 oktober 2022 di lapangan Nagara Bhakti Mandhapa Aghung Ronggosukowati, pameran bonsai kelapa pada tanggal 21 oktober di lapangan Nagara Bhakti Mandhapa Aghung Ronggosukowati, dan event Pamekasan Night Carnival pada tanggal 21 oktober dengan rute di sepanjang Jalan Jokotole.

Pada tanggal 21-23 oktober 2022 juga akan digelar Bazar UMKM di Lapangan Nagara Bhakti Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Malam Kemilau Madura akan digelar tanggal 22 oktober bertempat di Jalan Kabupaten, pada tanggal 23 oktober Jalan Jalan Sehat bertempat di Lapangan Nagara Bhakti Mandhapa Aghung Ronggosukowati, dan tanggal 29 oktober 2022 Kontes Sapi dan Kambing di Lapangan Waru.

Sementara kegiatan upacara hari jadi Kabupaten Pamekasan ke 492 digelar pada tanggal 3 november 2022 di halaman kantor Bupati Pamekasan Jalan Kabupaten, Pamekasan Road Race pada tanggal 13 oktober 2022 di Jalan Kabupaten, kemudian pameran cagar budaya akan digelar pada tanggal 14-16 november 2022 di Area Museum Mandhilaras.

Selanjutkan, Pamkab Pamekasan juga akan menggelar Haul Akbar Ronggosukowati pada tanggal 15 november 2022 di masjid agung Assy Syuhada Pamekasan, Launching 101 inovasi bidang kesehatan pada tanggal 19 november 2022 di Mandhapa Aghung Ronggosukowati, dan terakhir pagelaran Pawai Hari Jadi Pamekasan di Jalan Kabupaten pada tanggal 20 november 2022.

"Kita berharap Pamekasan yang sudah sekitar tiga tahun haus hiburan, karena adanya pandemi covid-19 dan alhamdulillah tahun ini sudah normal, sehingga masyarakat bisa tersalurkan hasratnya untuk menyaksikan event event seperti ini," ujar Zahri.

Hal yang lebih penting lagi, kata Zahri, masyarakat Pamekasan bisa mengetahui usia Kabupaten Pamekasan yang telah menginjak 492 tahun terhitung sejak tahun 1530-2022.

"Kami berharap, pelaksanaan hari jadi Kabupaten Pamekasan dengan berbagai event yang akan kita gelar berjalan lancar dan sukses tanpa ada kendala apapun. Semoga bisa menghibur dan meningkatkan ekonomi masyarakat," harapnya.