diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Buka Bengkel Jurnalistik, Diskominfo Pamekasan Ajak Peserta Produksi Tulisan Positif

Rabu, 01 Maret 2023  239  

Pemkab Pamekasan- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar bengkel jurnalistik dalam rangka hari pers nasional (HPN) 2023 di Pendopo Budaya Wakil Bupati, Jalan Jokotole, selasa (28/2/2023) sore.

Pelatihan jurnalistik bersama 100 pelajar dari ikatan pelajar nahdlatul ulama (IPNU) dan ikatan pelajar putri nahdlatul ulama (IPPNU) tersebut dibuka langsung oleh Kepala Bidang IKP Diskominfo Pamekasan, Arief Rachmansyah.

"Kami mengapresiasi kegiatan bengkel jurnalistik ini, karena dapat membangun konektifitas antara jurnalis dengan grass root. Apalagi, sepertinya hanya tahun ini kegiatan bengkel jurnalistik ini," ujar Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Pamekasan, Arief Rachmansyah saat membuka acara tersebut.

Dikatakan, pihaknya siap menfasilitasi para peserta bengkel jurnalistik melalui kelompok informasi masyarakat (KIM) bagi yang ingin mengembangkan potensi menulisnya. KIM tersebut dapat dibentuk salah satu syaratnya adalah rekomendasi dari kepala desa setempat.

"Teman-teman para peserta bengkel jurnalistik itu kan nanti butuh wadah agar karyanya tetap tersalurkan. Wadah apa yang cocok? Di kami ada kelompok informasi masyarakat, KIM itu adalah kelompok yang sejatinya hadir dari bawah, sehingga nanti karyanya tetap tersalurkan," terangnya.

Pihaknya mendorong para peserta pelatihan jurnalistik senantiasa memproduksi tulisan yang edukatif, baik berita, artikel, opini dan lain-lain demi terciptanya atmosfer yang positif. Sebab, jurnalis memiliki peran besar dalam mengkonstruksi mindset seseorang tentang sesuatu hal.

"Mari kita berpikir secara bebas, namun konstruktif tanpa menyinggung norma-norma sosial yang ada. Tetap, jadilah diri sendiri, jangan sampai terbawa arus, kita harus punya prinsip hidup yang tidak bisa diintervensi oleh orang lain," pesannya.

Dia menyampaikan terima kasih kepada PWI Pamekasan yang telah menggelar bengkel jurnalistik untuk mencari dan mengasah bibit muda berkualitas di bidang jurnalistik.

"Saya sampaikan selamat dan sukses kepada PWI Pamekasan," pungkasnya.