diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Lepas Jemaah Haji, Bupati Berharap Doakan Pamekasan

Jumat, 19 Mei 2023  519  

Pemkab Pamekasan- Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur secara simbolis melepas para calon jemaah haji (CJH) yang akan berangkat tahun 2023 di masjid agung Asy Syuhada Pamekasan, kamis (18/5/2023).

Pelepasan terhadap 1.200 tamu Allah itu dihadiri Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, Mawardi, Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin, Sekretaris Daerah, Masrukin, pimpinan DPRD Pamekasan, Kabag Kesra, dan beberapa pejabat lain di lingkungan Pemkab Pamekasan.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam meminta calon jamaah haji asal daerahnya untuk senantiasa memanjatkan syukur kepada Allah atas nikmat besar menyempurnakan rukun islam berupa naik haji ke baitullah.

"Hari kita harus bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan kepada kita, dari 1.200 calon jamaah haji ini adalah orang pilihan dari sekian ribu orang yang menunggu dan telah mendaftar haji," katanya saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Orang nomor satu di Kabupaten Pamekasan itu berharap, calon jemaah haji dapat menata hati jauh sebelum berangkat ke tanah suci Mekkah. Sebab, berada di haramain itu hati harus tulus dan ikhlas untuk ibadah kepada Allah SWT.

"Mudah-mudahan perjalanannya selamat sampai tujuan, lancar, dan nanti bisa mendapatkan haji yang mabrur. Kita akan bertemu dengan pasarean nabi Muhammad SAW, oleh karena itu mari kita tata hati kita mulai sekarang, perbaiki niat kita," tandasnya.

Bupati dengan sederet prestasi ini juga berharap, calon jamaah haji asal Pamekasan menghindari pembicaraan yang tidak penting, serta meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Tidak melakukan sesuatu yang dapat menjadi penghalang akan kemurnian menghadap sang kholik.

"Saya atas nama Pemkab Pamekasan, dan masyarakat Pamekasan memohon kepada ajunan untuk mengirimkan salam kepada nabi Muhammad agar Kabupaten Pamekasan ini menjadi kabupaten yang makmur dan sejahtera rakyatnya, pemerintahnya melayani, dan dijauhkan dari segala bentuk fitnah, serta menjadi kabupaten yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghafur," harapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Pamekasan, Mawardi menjelaskan, jumlah jamaah haji asal Pamekasan tahun ini berjumlah 1.200 orang yang terbagi atas tiga kelompok terbang (kloter), meliputi kloter 4, kloter 5 dan kloter 6. Sementara, calon jamaah haji cadangan berjumlah 306 orang.

"Kemudian, petugas yang akan mendampingi jamaah haji Kabupaten Pamekasan total berjumlah 26 petugas, yang terdiri dari petugas kloter berjumlah 13 orang, petugas daerah berjumlah 7 orang, dan petugas pembimbing berjumlah 6 orang," terangnya.