diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Kemenkominfo RI Siapkan Lima Jenis Pelatihan Digital untuk ASN Pamekasan

Senin, 22 Mei 2023  225  

Pemkab Pamekasan- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI menyiapkan lima jenis pelatihan digital talent scholarship (DTS) skema government transformation academy (GTA) bagi aparatur sipil negara (ASN) atau non ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur pada tahun 2023.

Sub Koordinator Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pelatihan (BPSDMP) Kominfo Surabaya, Suryo Utomo menyampaikan, pelatihan digital ini memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di era revolusi industri seperti sekarang. Khususnya ASN, TNI, dan Polri.

"Oleh karena itu, sejak tahun 2021 Kementerian Kominfo dan Informatika menjalankan pelatihan GTA dalam rangka mendukung percepatan informasi digital di pemerintahan," katanya saat acara pembukaan di Mandhapa Aghung Ronggosukowati, senin (22/5/2023).

Dikatakan, pelatihan digital ini dapat dilakukan oleh abdi negara, TNI, atau polri sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Khusus Kabupaten Pamekasan tahun 2023 ada lima jenis pelatihan yang dapat diikuti, meliputi arsitektur SPBBE dengan jumlah 27 peserta, video production for goverment campaign berjumlah 29 peserta, busines procces enginer yang diikuti oleh 26 peserta, serta pelatihan dasar TIK yang akan diikuti oleh 31 peserta.

"Tenaga pengajar saat ini dari berbagai instansi, pertama dari Kemenkominfo RI dalam hal ini BPSDMP Kominfo Surabaya, dari BPSDMP Makassar, balai diklat keagamaan Kementerian Agama, serta tenaga pengajar dari universitas Indraprasta Jakarta," terangnya.

Dia menambahkan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Pamekasan yang telah bekerja sama dalam realisasi pelatihan digital. Mulai tempat dan fasilitas lain yang dapat menunjang keberlangsungan program tersebut.

"Ini sangat bermanfaat untuk pengembangan kompetensi bagi ASN di lingkungan Pemkab Pamekasan. Sekali lagi kami sampaikan terima kasih kepada Pemkab Pamekasan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pamekasan, Saudi Rahman menyampaikan terima kasih kepada Kemenkominfo RI yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemkab Pamekasan untuk melaksanakan pelatihan digital untuk kesekian kalinya.

"Perlu kami syukuri bersama karena kita mendapat kepercayaan ini, karena di Jawa Timur hanya ada dua kabupaten yang dipercaya oleh BPSDMP Kominfo untuk melaksanaan kegiatan ini," ungkapnya.

Pelatihan digital khusus ASN ini sangat mendukung dalam meningkatkan kompetensi abdi negara di lingkungan Pemkab Pamekasan. Karena peningkatan pengetahuan di bidang teknologi merupakan hal yang wajib bagi ASN agar bisa menyesuaikan diri dengan fenomena di era revolusi industri.

"Dalam pelatihan ini tidak ada proses sertifikasi, hanya pemberian sertifikat bagi mereka yang dianggap lulus," pungkasnya.